dempo

Memasuki Bulan Rajab, Ini Amalan yang Bisa Dilakukan untuk Menuai Ampunan serta Kemuliaan

Memasuki Bulan Rajab, Ini Amalan yang Bisa Dilakukan untuk Menuai Ampunan serta Kemuliaan

Foto merupakan ilustrasi.--(Sumber Foto: Radarcirebon.com/Betv)

BETVNEWS - Memasuki Bulan Rajab, banyak amalan yang bisa kamu lakukan, sebagai memperoleh ampunan serta kemuliaan Allah Ta'ala.

Dikutip dari berbagai sumber, bulan Rajab dalam kalender Islam, 1 Rajab 1444 H jatuh pada hari ini Senin, 23 Januari 2021.

BACA JUGA:Musang Ranmor Dibekuk Polisi, Sudah Beraksi di 5 TKP, Selengkapnya Disini

Bulan Rajab juga disebut dengan bulan istimewa dalam Islam, yang mana termasuk dalam bulan Muharram. Dalam hal ini Allah Ta'ala berfirman pada surah At-Taubah ayat 36:

”Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu.” 

BACA JUGA:Mukjizat Nabi Muhammad SAW dalam Kisah Keluarnya Air dari Celah Jarinya

Ibnu Rajab mengatakan, ”Allah Ta’ala menjelaskan bahwa sejak penciptaan langit dan bumi, penciptaan malam dan siang, keduanya akan berputar di orbitnya. Allah pun menciptakan matahari, bulan dan bintang lalu menjadikan matahari dan bulan berputar pada orbitnya. Dari situ muncullah cahaya matahari dan juga rembulan.

Sejak itu, Allah menjadikan satu tahun menjadi dua belas bulan sesuai dengan munculnya hilal. Satu tahun dalam syariat Islam dihitung berdasarkan perpuataran dan munculnya bulan, bukan dihitung berdasarkan perputaran matahari sebagaimana yang dilakukan oleh Ahli Kitab.” (Latho-if Al Ma’arif, 202).

BACA JUGA:Penting! Ini 7 Khasiat Buah Naga Bagi Kesehatan, Salah Satunya Baik untuk Pencernaan

Amalan bulan rajab yang bisa diamalkan yakni:

1. Membaca Istighfar

Rabbighfirli warhamni watub 'alayya

Artinya: "Ya Allah, ampunilah aku, sayangilah aku dan terimalah taubatku."

BACA JUGA:Jalan Nasional Bengkulu-Kepahiang Terendam Banjir, Arus Lalu Lintas Lumpuh Total

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: