Anaknya Tidak Lulus PPS, Warga Ini Beberkan Dugaan Oknum Meminta Uang Rp7 Juta untuk Meluluskan Seleksi

Anaknya Tidak Lulus PPS, Warga Ini Beberkan Dugaan Oknum Meminta Uang Rp7 Juta untuk Meluluskan Seleksi

Erna Suryati, Warga Desa Muara Sahung yang melapor ke Sekretariat PWI Kaur, Selasa 24 Januari 2023.--(Sumber Foto: Didit/Betv).

BENGKULU, BETVNEWS - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kaur, pada hari ini (Selasa 24 Januari 2023) melaksanakan pelantikan terhadap anggota PPS terpilih, di halaman Kantor KPU Kaur.

Bersamaan, Erna Suryati (52) warga Muara Sahung Kabupaten Kaur, mendatangi Sekretariat PWI untuk menyampaikan dugaan penyimpangan dalam perekrutan PPS, dimana sebelumnya anaknya mendapatkan nilai tinggi saat seleksi CAT, namun tidak lulus saat wawancara.

BACA JUGA:Mengenal Leptospirosis, Penyakit yang Sering Mengintai Saat Musim Hujan

Menurutnya, bahwa anaknya bernama Devita Erlisa berdasarkan hasil CAT yang dilaksanakan oleh KPU, mendapatkan nilai 3 besar dari 9 peserta lainnya di Desa Muara Sahung, sehingga menurutnya bisa menjadi nilai tambah dalam tes wawancara.

BACA JUGA:Orang Tua Harus Waspada, 7 Penyakit Ini Kerap Menyerang Anak Saat Musim Hujan

"Anak saya ini mendapat nilai 3 besar saat tes CAT, dari 9 peserta yang mengikuti perekrutan PPS tersebut," sampainya.

Erna Suryati membeberkan, bahwa menjelang tes wawancara dirinya didatangi oleh Merza Ketua PPK Muara Sahung, menyampaikan jika ingin lulus tes PPS, maka harus memberikan uang sebesar Rp7 juta untuk diserahkan ke oknum anggota Komisioner KPU Kaur.

BACA JUGA:Pasca Sanggahan, 6 Tenaga Kesehatan Lulus PPPK Diganti

"Pasca tes tertulis anak saya diberi petuah oleh oknum Ketua PPK Kaur Tengah, untuk meminta bantuan dengan Ketua PPK Kecamatan Muara Sahung, saat berkoordinasi di rumah Ketua PPK Muara Sahung tersebut, akan menyerahkan nama-nama yang akan dijadikan PPS termasuk salah satu anaknya, namun dengan catatan menyerahkan uang sebesar Rp7 juta," bebernya.

BACA JUGA:7 Cara Praktis Keringkan Kasur Setelah Banjir, Ternyata Bisa Pakai Pasir Kucing!

Terpisah, Ketua PPK Muara Sahung Merza menyampaikan, bahwa memang ada dirinya menemui Erna Suryati, untuk menjelaskan tahapan perekrutan PPS tersebut, dan membantah terkait dengan permintaan uang tersebut.

"Kalau menemui yang bersangkutan memang ada, tapi saat itu saya hanya menjelaskan tahapan perekrutan PPS tersebut," tegasnya.

BACA JUGA:Parkir di Teras Kosan, Motor Mahasiswa Asal Talo Raib

Disisi lain, Komisioner KPU Kaur Sirus Legiyati mengatakan, perekrutan yang dilakukan sesuai dengan tahapan, dimana memang dalam perekrutan tersebut ada 3 Kecamatan yang dibina, yakni Kecamatan Muara Sahung, Kaur Selatan dan Kaur Tengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: