Cek di Sini! 5 Jenis Sambal yang Punya Rasa Khas, Menu Pelengkap Nasi

Cek di Sini! 5 Jenis Sambal yang Punya Rasa Khas, Menu Pelengkap Nasi

Foto merupakan ilustrasi.--(Sumber Foto: Resepkoki.id)

Hal tersebut sesuai pada jumlah cabai yang digunakan. Bila hendak menyajikan sambal tomat pedas maka kamu dapat mengurangi jumlah tomatnya. 

Apalagi sebagai Ibu rumah tangga tentu ada banyak ide ataupun inovasi tertentu pada jenis sambal tomat dengan perpaduan bahan, misalnya menambahkan pete, teri, terong, dan sayuran rebus.

2. Sambal terasi


BACA JUGA:Aksi Pemusik Jalanan, Bawa Angklung Keliling Indonesia

Mayoritas masyarakat Indonesia tentu mengetahui jenis sambal terasi ini. Bahan dasar yang dipakai oleh sambal tersebut tak jauh beda dengan sambal bajak. 

Hanya saja aroma yang ada pada sambal terasi ini cukup menyengat dan tentu dengan rasa terasinya sangat kentara. Hal itulah yang menjadi alasan bahwa sambal terasi tak begitu diminati. 

BACA JUGA:6 Manfaat Daun Talas yang Baik dalam Kesehatan, Cek di Sini!

Sambal terasi punya bahan khusus, berbeda dengan sambal bajak yaitu udang rebon yang sudah difermentasikan. Dari pengolahan sambal terasi pada umumnya perlu memakai ulekan agar dapat menghasilkan sambal yang tak terlalu halus.

Bagi kamu yang senang oleh sambal terasi, jenis sambal ini juga tentu saja menjadi pelengkap yang wajib ada.

BACA JUGA:Sidak Puskesmas dan RSTG Kota, Fasilitas Jadi Target Pembenahan

3. Sambal Bajak

"Bajak" dalam penamaan sambal ini saja cukup unik sebab berasal dari menu yang telah disajikan oleh para istri terhadap suaminya di tengah membajak sawah.

Sambal bajak telah banyak dikonsumsi masyarakat Jawa Timur dan Jawa Tengah. Tak hanya itu, sambal satu ini pun punya karakteristik warna yang cukup pekat dan merah mencolok sebab cabai merah mendominasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: