Syarat hingga Wajib Haji yang Perlu Diketahui oleh Calon Jemaah

Syarat hingga Wajib Haji yang Perlu Diketahui oleh Calon Jemaah

Foto merupakan ilustrasi.--(Sumber Foto: Pixabay/Adliwahid)

BETVNEWS - Perlu mengetahui syarat, rukun, wajib haji bagi calon jemaah haji  dapat kamu simak di sini. 

Ibadah haji adalah rukun Islam yang ke-lima, sebagai ibadah tahunan bagi umat Islam dengan melibatkan sejumlah rangkaian ibadah di tanah suci Mekkah. 

BACA JUGA:Resep Bumbu Acar Kuning, Nikmat Diolah dengan Ikan Jenis Apapun!

Secara finansial dan fisik dalam menunaikan serangkaian ibadah di kota Mekkah dan sekitarnya.

Ibadah haji dijalankan pada bulan Dzulhijjah, bulan ke-12 dalam kalender Islam, dan merupakan salah satu momen penting bagi umat Muslim seluruh dunia.

BACA JUGA:Lagi! Livin’ by Mandiri Hadirkan Inovasi Transfer ke Luar Negeri Yang Cepat, Murah, Utuh dan Mudah

Ibadah ini hanya bisa dijalankan pada waktu tertentu saja, tidak sama seperti ibadah umrah yang masih dapat dilakukan kapan saja.

Indonesia sebagai negara yang memiliki jumlah penduduk mayoritas muslim terbesar di dunia, sehingga kuota yang didapatkan pun lebih besar dari negara lain.

BACA JUGA:Ramai di Sosmed, Berikut 3 Jenis Terapi Umum untuk Anak Penderita Autisme

Hanya saja, hal tersebut masih belum bisa mengurangi daftar antrian keberangkatan calon jemaah hingga rela menunggu sampai puluhan tahun. Hal ini tidaklah mudah bagi seseorang yang hendak melaksanakan ibadah haji.

Haji adalah berkunjung ke Baitullah (Ka'bah) dalam menjalankan amalan-amalan tertentu, yakni: wukuf di Arafah, thawaf di Ka'bah, mabit di Muzdalifah dan Mina, sa'i, serta amalan lain di masa tertentu sebagai pemenuhan panggilan Allah Ta'ala dan mengharap rida-Nya.

BACA JUGA:2 Pekerja Proyek Pembangunan Gedung Pengadilan Agama Dibekuk Polisi

Dilansir dari laman haji.kemenag.go.id tentang Tuntunan Manasik Haji dan Umrah, yang diakses pada Kamis 16 Februari 2023. 

Ibadah haji ini wajib untuk umat Islam yang sudah memenuhi syarat, sebagaimana ibadah tersebut diwajibkan hanya satu kali seumur hidup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: