Pentingnya Dukungan Psikososial Bagi Penderita Kanker

Pentingnya Dukungan Psikososial Bagi Penderita Kanker

Rumah Sakit Khusus Jiwa (RSKJ) Soeprapto Provinsi Bengkulu menggelar sosialisasi edukasi rawat jalan dengan tema “Pentingnya Dukungan Psikososial Bagi Penderita Kanker”.--(Sumber Foto: Dini/BETV)

BENGKULU, BETVNEWSDalam rangka memperingati Hari Kanker Sedunia tahun 2023 pada tanggal 4 Februari 2023, Rumah Sakit Khusus Jiwa (RSKJ) Soeprapto Provinsi Bengkulu menggelar kegiatan Edukasi Rawat Jalan sebagai salah satu kegiatan Promosi Kesehatan Rumah Sakit Instalasi Keswamas dengan tema “Pentingnya Dukungan Psikososial bagi Penderita Kanker”.

Edukasi dipusatkan di ruang tunggu Poli Rawat Jalan RSKJ Soeprapto Provinsi Bengkulu dengan menghadirkan narasumber dr. H. Syafriadi, MM pada hari Senin, 20 Februari 2023 pukul 09.00 WIB.

 

 

dr. H. Syafriadi, MM mengatakan, selain kanker merupakan penyakit yang membutuhkan terapi, namun juga dipenuhi tekanan dengan implikasi psikososial yang berkaitan dengan dimensi fisik, emosional, spiritual dan interpersonal. 

 

Semua aspek kehidupan pasien mengalami perubahan saat terdiagnosa kanker, bahkan dalam proses menjalani terapi, proses penyembuhan, rekurensi, metastasis, transisi ke paliatif serta perawatan akhir hayat.

 

 

BACA JUGA:RSKJ Soeprapto Bengkulu Jalani Akreditasi Lanjutan, Upaya Peningkatan Mutu Pelayanan

 

“Orang yang divonis kanker biasanya jiwanya terganggu untuk itu kita harus memberikan dukungan emosional kepada penderita,” ujarnya kepada BETVNEWS.

 

Masalah psikososial ini biasanya meliputi rasa cemas, takut, malu, rendah diri, khawatir masalah finansial, keterbatasan terkait perawatan, keterbatasan dukungan keluarga, pengelolaan waktu dan tenaga untuk pekerjaan dan lainnya.


 

Dukungan psikososial yang diberikan dapat berupa konseling, edukasi, dukungan spiritual dan kelompok pendukung (support groups), yang dapat dilakukan oleh psikiater, psikolog, pekerja sosial, perawat, rohaniawan, maupun petugas pemberi asuhan dan lainnya.

 

Selain itu, bersedia meluangkan waktu menjadi teman yang selalu sedia mendengar cerita dan keluh kesah akan membantu meredakan gejala psikologis pasien kanker.

 

Jangan ragu dan segan untuk membawa pasien yang mengalami gangguan psikologis ke RSKJ Soeprapto untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: