Vaksin Rabies di Bengkulu Masih Kurang

Vaksin Rabies di Bengkulu Masih Kurang

Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah saat kegiatan Vaksinasi Rabies dalam rangka World Rabies Day, September 2022.--(Sumber Foto: Media Center Pemprov)

BENGKULU, BETVNEWS - Dinas Peternakan dan Keswan Provinsi mengusulkan bantuan 30 ribu dosis vaksin rabies ke Kementerian Pertanian. Vaksin tersebut diperkirakan akan tiba pada April 2023 mendatang.

 

BACA JUGA:Hati-Hati! Jalan Bhakti Husada Rusak Lagi, di Jembatan Rawa Makmur Berlubang

 

Hal ini lantaran tahun ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu hanya  menyediakan 5 ribu dosis vaksin, sementara bantuan dari pemerintah pusat hanya 4.500 dosis. 

BACA JUGA:Resep Pepes Tongkol Tahu Pedas, Menu Lezat Mudah Dibuat

 

Bantuan vaksin tersebut tentu saja belum mengakomodir seluruh kebutuhan di Kabupaten Kota.

 

Untuk itu, meminta agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Pemerintah Kota (Pemkot) mengusulkan anggaran pengadaan vaksin.

 

BACA JUGA:4 Tips Memasak Nasi Pera Agar Tidak Mudah Basi

 

Sejauh ini yang menyiapkan anggaran yaitu Rejang Lebong 1.500 dosis, Bengkulu Utara 1.000 dosis dan Kota Bengkulu 1.000 dosis. 

 

Disisilain, Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, mencatat kasus gigitan hewan penular rabies di Bengkulu tahun 2022 mencapai 1.391 kasus. Dan awal 2023 sebanyak 122 kasus.

 

BACA JUGA:Si Pahit yang Menyehatkan, Simak 4 Manfaat Pare untuk Kesehatan

 

Untuk penanganan masyarakat yang tergigit, Dinas Kesehatan Provinsi telah menyiapkan vaksin anti rabies atau VAR di rumah sakit dan puskesmas tertentu saja. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: