Jangan Sampai Tertipu! Berikut Cara Membedakan AHM Oil Asli dan Palsu di Pasaran

Jangan Sampai Tertipu! Berikut Cara Membedakan AHM Oil Asli dan Palsu di Pasaran

Oli yang asli mempunyai barcode dari AHM pada bagian belakang oli.--(Sumber Foto: Astra Bengkulu)

BETVNEWS - Oli mesin adalah bagian komponen penting dalam mesin motor, oli adalah zat yang berfungsi untuk melumasi mesin agar komponen pada mesin dapat bekerja dengan baik dan maksimal tanpa gangguan ataupun macet. 


BACA JUGA:Peringati HUT Astra ke-66, Astra Motor Bengkulu Gelar Donor Darah

 

Selain itu oli mesin berfungsi juga sebagai pendingin dan mengawetkan usia pakai komponen pada mesin. 

 

Banyaknya ragam dan macam oli mesin yang beredar di pasaran membuat penjual-penjual nakal mengedarkan oli palsu yang tentunya sangat berbahaya untuk keselamatan maupun berbahaya untuk mesin sepeda motor. 

BACA JUGA:Teknik Lean With The Bike, Menikung Aman Dijalan Raya

 

Untuk memastikan oli yang digunakan terjamin keasliannya dan merupakan oli yang tepat untuk sepeda motor, ada baiknya mengganti oli di partshop terpercaya ataupun langsung ke AHASS terdekat. 

BACA JUGA:Astra Motor Bengkulu Kampanye ‘Cari Aman’, di SMAN 1 Bengkulu Tengah

 

Berikut beberapa cara yang dapat digunakan untuk membedakan oli yang palsu dengan oli yang asli.

  1. Oli yang asli mempunyai barcode dari AHM pada bagian belakang oli, jadi kita bisa scan barcode yang ada di bagian belakang oli apabila sudah discan maka kita langsung dialihkan ke halaman resmi yaitu www.ahm.to muncul penyataan bahwa QR tersebut valid. Apabila oli tersebut palsu, barcode tidak dapat discan ataupun terjadi error.
  2. Apabila bisa di scan maka harus diperhatikan juga pada halaman yang dituju apabila kita dialihkan kehalaman www.ahm.to.top (ataupun web lain selain www.ahm.to) sudah dipastikan bahwa oli tersebut palsu. 
  3. Pada oli yang asli kode produksi pada bagian belakang oli dan yang tertera itu sama. Apabila berbeda sudah dapat dipastikan bahwa oli tersebut merupakan oli palsu.
  4. Oli yang asli ada kode pengaman pada tutup botolnya.
  5. Oli yang asli ada hologramnya.
  6. Pada cetakan label atau gambar  kemasan oli yang asli terlihat lebih tajam dan jelas sedangkan pada oli palsu cetakan label cenderung pudar dan kurang tajam. 

BACA JUGA:Anak Muda Energik, Makin Trendi dengan New Honda BeAT


Masyarakat butuh meningkatkan kewaspadaan terhadap maraknya oli palsu yang beredar dipasaran pada saat ini, jangan sampai salah pilih oli demi kenyamanan dan keselamatan anda saat berkendara serta menjaga keawetan mesin motor. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: