Sejarah dan Makna 3 Maret 2023 Sebagai Hari Peringatan Satwa Liar Sedunia

Sejarah dan Makna 3 Maret 2023 Sebagai Hari Peringatan Satwa Liar Sedunia

Foto merupakan ilustrasi.--(Sumber Foto: Pinterest)

BETVNEWS - Hari Satwa Liar Sedunia diperingati setiap tanggal 3 Maret. Peringatan Satwa Liar Sedunia tersebut dilakukan untuk meningkatkan kesadaran manusia terhadap nilai penting satwa liar, flora, terutama yang sudah dilindungi.

BACA JUGA:Hormon Endorfin Ini Meningkatkan Suasana Hati, Simak Cara Memicu dan Fungsinya

Peringatan satwa liar dilakukan sekaligus sebagai perayaan bahwa banyak satwa dan flora di dunia yang sudah teracam punah.

BACA JUGA:5 Tips Agar Tidak Mudah Lelah Saat Membaca Buku

Dikutip dari berbagai sumber, sejarah Hari Satwa Liar Sedunia dimulai sejak tahun 2013 lalu tepatnya pada 20 Desember 2013. United Nations General Assembly atau Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNGA) menetapkan 3 Maret sebagai Hari Satwa Liar Dunia dalam sesi ke-68.

BACA JUGA:6 Manfaat Membaca Buku, Tambah Wawasan hingga Tingkatkan Kepercayaan Diri!

Hari Satwa Liar Sedunia dijadikan satu acara tahunan internasional penting yang diperingati setiap tahunnya. Peringatan Hari Satwa Liar Sedunia pertama kali dirayakan pada 3 Maret 2014. 

BACA JUGA:ASN Kaur yang Digerebek Bersama Istri Orang Terancam Sanksi

Pada 3 Maret dipilih dan ditandatanganinya Konvensi Perdagangan Internasional Spesies Fauna dan Flora liar yang sudah terancam punah (CITES/Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora) di tahun 1973.

BACA JUGA:Tidak Perlu Semprotan Serangga, Simak 5 Cara Mengusir Lalat dari Rumah Secara Alami

Sebelumnya, penetapan peringatan Hari Satwa Liar Dunia direkomendasikan oleh negara anggota CITES Sixteeth Conference of the Parties (COP16) di Bangkok, Thailad pada 3-14 Maret 2013.

BACA JUGA:Penggunaan Chat GPT OpenAI di Kalangan Mahasiswa: Keuntungan dan Risiko

Sehingga 3 Maret 2023 pada tahun ini menjadi tanggal yang sangat spesial, karena memperingati Hari Satwa Liar Sedunia dalam peringatan ke-50 tahun berdirinya CITES.

BACA JUGA:Hormon Endorfin Ini Meningkatkan Suasana Hati, Simak Cara Memicu dan Fungsinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: