Kenali Faktor dan Peran Perilaku Bullying yang Perlu Dipahami, Simak di Sini!

Kenali Faktor dan Peran Perilaku Bullying yang Perlu Dipahami, Simak di Sini!

Foto merupakan ilustrasi.--(Sumber Foto: Qureta.com)

BETVNEWS - Ada beberapa faktor dan peran dalam perilaku bullying yang perlu dikenali dan dipahami.

Victorian Departement of Education and Early Chilhood Development memberikan pengertian, bahwa bullying terjadi bila seseorang atau sekelompok orang mengganggu maupun mengancam keselamatan serta kesehatan orang tertentu.

BACA JUGA:Bekali Calon Pengantin, Kemenag Kota Gelar Bimbingan Perkawinan

Sebagaimana perilaku bullying, dapat dilakukan secara fisik maupun psokologis, mengancam properti, reputasi atau penerimaan sosial seseorang serta bahkan dilakukan secara terus menerus dan berulang.

Berikut ini beberapa faktor yang jadi alasan perilaku bullying itu terjadi, dilansir dari laman indopositive.org:

BACA JUGA:KPU Benteng Dilaporkan ke Bawaslu

1. Keluarga

Diketahui bahwa adanya pelaku bullying tersebut kerap kali terjadi pada seseorang yang berasal dari keluarga bermasalah.

Bisa saja disebabkan atas perlakuan orang tua atau salah satu keluarga, yang sering menghukum anak dengan berlebihan. Bisa juga karena situasi dalam rumah penuh stress, agresi, dan permusuhan. 

BACA JUGA:RSKJ Gelar Sosialisasi Pelayanan VCT, TB MDR, dan KIA KB

Di mana anak dapat mempelajari perilaku bullying tersebut, saat telah mengamati suatu konflik yang terjadadi kepada kedua orang tuanya, lalu dari sana si anak menirunya dan melakukannya pada teman sebayanya.

Sehingga dalam hal tersebut, keluarga khususnya orang tua dapat memberikan pemahaman yang baik untuk anak, supaya tidak terjadi hal buruk.

BACA JUGA:643 Guru Bantu Daerah Diberi SK

Berperilaku selayaknya orang tua, hanya saja tidak semua orang tua bisa memahami hal tersebut. Sehingga banyak anak melakukan kecerobohan bahkan tidak memiliki rasa peduli antar sesama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: