Periksa Daging yang Dijual Pedagang, Petugas Temukan Cacing Hati

Periksa Daging yang Dijual Pedagang, Petugas Temukan Cacing Hati

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan, petugas masih menemukan kasus cacing hati di sejumlah daging atau bagian hati yang dijual oleh pedagang. --(Sumber Foto: Dwi/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS – Tingginya permintaan masyarakat terhadap memasuki bulan Puasa, membuat pedagang menyembelih puluhan ekor sapi dan kerbau untuk dijual mulai Rabu 22 Maret 2023. 

BACA JUGA:PKL di Depan PTM Muara Aman Ditertibkan

Di Pasar Rakyat Muara Aman Kecamatan Amen, Kabupaten Lebong Provinsi Bengkulu, setidaknya ada 33 lapak pedagang khusus yang menjual daging hewan potong. Daging yang dijual tersebut tak luput dari pemeriksaan Kesehatan oleh petugas dari Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Lebong

BACA JUGA:10 Kali Rudapaksa Anak di Bawah Umur, Pelaku Ditangkap

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan, petugas masih menemukan kasus cacing hati di sejumlah daging atau bagian hati yang dijual oleh pedagang. Selain dibagian hati, petugas juga menemukan cacing dibagian usus. 

BACA JUGA:Wapres Dijadwalkan Resmikan MPP Lebong

Dijelaskan Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan/ Meli Lela bahwa dari temuan cacing tersebut, petugas meminta pedagang untuk membuang bagian yang terdapat cacing. Meski tak terlalu membahayakan Kesehatan, namun infeksi penyebaran penyakit cacing hati pada sapi ini bisa langsung diantisipasi. 

BACA JUGA:Miliaran Aset Lebong di Wilayah Bengkulu Utara Terbengkalai

“Kita langsung mengantisipasi penyebaran penyakit daric acing hati ini dengan membuang bagian yang terinfeksi. Namun sevara umum untuk kondisi Kesehatan hewan yang dipotong dalam kondisi sehat dan layak konsumsi,” jelas Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, Meli Lela. (D99)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: