Manfaat dan Tips Saling Menasihati bagi Sesama, Tingkatkan Rasa Peduli

Manfaat dan Tips Saling Menasihati bagi Sesama, Tingkatkan Rasa Peduli

Foto merupakan ilustrasi.--(Sumber Foto: Pixabay)

BETVNEWS - Terdapat beberapa manfaat dan tips dengan saling menasihati untuk sesama. Hal tersebut dapat meningkatkan rasa peduli kita kepada orang lain.

Islam sangat mengutamakan pengingat dan juga nasihat, sehingga bagaimana pun keadaan yang terjadi tetaplah untuk sabar dan ikhlas.

BACA JUGA:5 Jenis Minuman Sehat Ini Dapat Mencegah Dehidrasi Saat Puasa

Ada kalanya kita akan diuji dengan berbagai persoalan dalam hidup, baik berkenaan dengan jabatan, gelar, pangkat, kedudukan, bahkan harta.

Banyak persoalan hidup yang menerpa kita, sehingga sebagian orang sangat membutuhkan adanya uluran tangan seseorang.

Hanya saja, dalam persoalan nasihat tidak ada batasan usia. Siapa pun dapat memberikan nasihat dan pengingat kepada orang-orang di sekitarnya.

BACA JUGA:5 Karakteristik Budaya Kerja di Jepang yang Perlu Diketahui

Dikutip dari berbagai sumber, nasihat bersumber dari energi hati, sehingga untuk menghidupkan hati diperlukan keikhlasan di dalamnya.

Dengan begitu, ia akan ingat kepada Allah Ta'ala. Jangan merasa diri paling benar, terlebih berlaku sombong terhadap sesama. Sebab hal tersebut Allah tidak menyukai.

Firman Allah dalam surah Al A'la ayat 9-11, yang artinya:

BACA JUGA:Toleransi Umat Beragama, Kemenag Imbau Masjid Bijak Gunakan Pengeras Suara

"Oleh sebab itu berikanlah peringatan karena peringatan itu bermanfa'at. Orang-orang yang takut (kepada Allah) akan mampu mengambil pelajaran. Orang-orang yang celaka (kafir) akan menjauhi."

Bila ada yang memberikan nasihat padamu, setidaknya dengarkan sebab bisa jadi hal tersebut adalah yang kamu butuhkan saat itu.

Kebutuhan seseorang tentu bukan dari materi saja, terkadang kita sebagai manusia membutuhkan seseorang yang dapat menolong diri walaupun hanya sebatas nasihat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: