KPU Provinsi dan Kanwil Kemenkumham Jalin Kerjasama Terkait TPS Khusus

KPU Provinsi dan Kanwil Kemenkumham Jalin Kerjasama Terkait TPS Khusus

KPU Provinsi Bengkulu dan Kanwil Kemenkumham Bengkulu melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding atau MoU, terkait fasilitasi penyaluran hak suara warga binaan yang ada di lapas dan rutan pada Rabu 5 April 2023--(Sumber Foto: Wachid/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - KPU Provinsi Bengkulu dan Kanwil Kemenkumham Bengkulu melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding atau MoU, terkait fasilitasi penyaluran hak suara warga binaan yang ada di lapas dan rutan pada Rabu 5 April 2023 siang.

BACA JUGA:Pria Ini Ditangkap BNN Kota Bengkulu, Simpan 2 Kilogram Ganja untuk Dijual

Dalam kegiatan ini ada juga penyampaian hasil ketetapan KPU terkait penataan dapil DPRD Provinsi Bengkulu. 

BACA JUGA:KPU RI Umumkan 5 Nama Timsel Calon Anggota KPU Kabupaten Kaur

Berdasarkan PKPU nomor 6 tahun 2023, dapil di legislatif Provinsi Bengkulu Pemilu 2024 yakni 45 kursi tersebar di 7 dapil sama dengan Pemilu 2019 lalu.

BACA JUGA:3 Peserta Calon Anggota KPU Kabupaten Kota Bengkulu Gugur

Pelaksana Tugas Kakanwil Kemenkumham Bengkulu Herman Siregar, menyampaikan bahwa kerjasama ini adalah bentuk sinergitas dengan KPU dalam penyaluran hak suara warga binaan.

BACA JUGA:KPU Provinsi Bengkulu Siapkan 12 TPS di Alokasi Khusus

Ia berharap KPU sebagai penyelenggaran Pemilu 2024 bisa mendirikan TPS di lapas dan rutan minimal 1 TPS khusus atau lebih. Sedangkan identitas yang menjadi syarat memilih, Kanwil Kemenkumham juga telah berkoordinasi dengan Dinas Dukcapil.

BACA JUGA:Ini Jumlah Calon Anggota Komisioner KPU Kota Bengkulu Lolos Administrasi

“Akan tetapi kami berharap agar proses pemungutan suara dilapas nantinya diselesaikan sebelum matahari terbenam. hal ini dimaksudkan agar konduktifitas rutan dan lapas tetap terjaga serta tak ada hal-hal yang tak diinginakan terjadi," ujarnya.

BACA JUGA:Ini Jumlah Calon Anggota Komisioner KPU Rejang Lebong Lolos Administrasi

Sementara itu, Ketua KPU Provinsi Bengkulu Irwan Saputra mengatakan, data sementara, ada 12 TPS khusus di Bengkulu diantaranya 10 TPS di lapas dan rutan, serta 2 TPS usulan dari perusahaan perkebunan dan tambang.

BACA JUGA:Ini Jumlah Calon Anggota Komisioner KPU Mukomuko Lolos Administrasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: