Tips Aman Penggunaan Tuas Rem di Jalan Raya

Tips Aman Penggunaan Tuas Rem di Jalan Raya

Kebiasaan penggunaan dua jari stand by ini bisa berdampak buruk bagi pengendara. Akibatnya bisa menyebabkan pengereman yang tidak maksimal dikarenakan kekuatan yang lemah jika menggunakan dua jari cengkraman untuk menarik tuas rem. --(Sumber Foto: Astra Motor)

BETVNEWS - Berkendara menggunakan sepeda motor merupakan suatu hal yang sudah menjadi kebiasaan bagi hampir seluruh masyarakat Indonesia.

BACA JUGA:Bisa Dicoba! Bank Mandiri Tawarkan Pinjaman KUR Limit Hingga Rp500 Juta, Cek Segera di Sini

Dalam berkendara, banyak orang yang sebenarnya belum mengerti cara menggunakan kendaraan bermotor dengan baik dan benar bahkan sebagian pengguna sepeda motor memacu kendaraannya dijalanan dengan cepat dan lalai. 

BACA JUGA:Dibuka Kembali! Kartu Prakerja Gelombang 51 Cair hingga Rp4.200.000, Cek Syarat dan Cara Daftarnya

Adapun salah satu kebiasaan yang dilakukan oleh pengendara sepeda motor adalah penggunaan dua jari yang stand by di tuas rem depan dan belakang pada motor matic, dan di tuas rem depan dan tuas kopling pada motor sport atau cub.

BACA JUGA:PKH Tahap 2 Tahun 2023 Cair? KPM Dapat Dana hingga Rp750.000, Cek Jadwal dan Penerimanya!

Kebiasaan penggunaan dua jari stand by ini bisa berdampak buruk bagi pengendara. Akibatnya bisa menyebabkan pengereman yang tidak maksimal dikarenakan kekuatan yang lemah jika menggunakan dua jari cengkraman untuk menarik tuas rem

BACA JUGA:Hilal Tak Terlihat di Provinsi Bengkulu, Penetapan 1 Syawal Tunggu Keputusan Sidang Isbat

Sangat di anjurkan untuk menggunakan empat jari dalam melakukan pengereman, dikarenakan apabila kita menggunakan 4 jari otomatis handle gas akan tertutup dan tuas rem akan tercengkram lebih baik sehingga pengereman dapat lebih maksimal. 

BACA JUGA:Hasil Sidang Isbat, Pemerintah Tetapkan 1 Syawal 1444 H pada Sabtu 22 April 2023

Sehingga yang terjadi secara reflek pengendara akan langsung melakukan pengereman namun tuas gas belum tertutup secara sempurna sehingga dapat mengakibatkan ban depan terkunci dan membuat jatuh pada pengendara.

BACA JUGA:Astra Motor Bengkulu Beri Edukasi Safety Riding ke Siswa MTsN 1

Dampak buruk lainnya, penggunaan dua jari dengan posisi stand by pada saat berkendara menyebabkan rasa pegal pada otot jari dan otot pergelangan tangan. 

BACA JUGA:Astra Motor Bengkulu Gelar Buka Puasa Bersama Media

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: