Festival Sekujang Kembali Digelar di Talang Benuang Seluma

Festival Sekujang Kembali Digelar di Talang Benuang Seluma

Festival Sekujang yang dilaksanakan pada tahun 2022 yang lalu.--(Sumber Foto: Wisnu/Betv).

BENGKULU, BETVBEWS - Warga Desa Talang Benuang, Kecamatan Air Periukan, akan kembali mengelar Festival Sekujang 'Helloween' di 1 Syawal 1444 Hijriah ini. Namun menariknya, festival Sekujang kali ini, akan dimasukan ke Calender of Even Pemerintah Kabupaten Seluma 2023.

Kades Talang Benuang, Sarwan Efendi mengatakan, Festival Sekujang ini, memang setiap tahunnya dilaksanakan pada 1 Syawal atau di puncak malam lebaran.

Kegiatan ini dilakukan oleh masyarakat Desa Talang Benuang, dengan menggunakan pakaian yang terbuat dari ijuk, kain, pelepah pohon pinang dan lain hal, untuk menyerupai hantu.

BACA JUGA:Capres 2024, Ganjar: Ibu Mega Terima Kasih, Kami Jalankan Sebaik-baiknya

"Festival Sekujang ini memang sudah menjadi tradisi di Desa Talang Benuang, yang mana dilaksanakan setiap malam lebaran pertama," sampai Sarwan Efendi, Kades Talang Benuan, Jumat 21 April 2023.

Ditambahkannya, bila sudah menyerupai hantu, dengan dilakukan pembacaan ritual oleh ketua adat setempat, seluruh anggota Sekujang yang kurang lebih sebanyak 56 orang.

BACA JUGA:Bansos BPNT 2023 Diprediksi Cair Setelah Lebaran, Dapat Dana Rp400.000 Cek Penerima di Sini!

Kemudian akan langsung dituntun untuk bersamaan mendatangi rumah-rumah penduduk disekitar, dengan melakukan berbagai nyanyian-nyanyian, tarian-tarian, untuk mendapatkan sedikit pemberian kue lebaran dari pemilik rumah.

BACA JUGA:SPBU Sukaraja Pastikan Stok BBM Aman Selama Lebaran

"Kalau sudah dilakukan pakaian seperti hantu, baru seluruh anggota Sekujang ini dengan tuntunan ketua adat, mendatangi rumah-rumah warga setempat untuk meminta kue lebaran," tambahnya.

Lanjutnya, adapun di Festival Sekujang kali ini, dilaksanakan bersama Pemerintah Kabupaten Seluma, dan juga akan dimasukan di Calender of Even Pemkab Seluma tahun 2023.

BACA JUGA:Siap Tarik Wisatawan di Libur Lebaran, Objek Wisata Danau Gedang Berbenah

Maka dipastikan untuk di Festival Sekujang kali ini, akan lebih meriah lagi dibandingkan dengan tahun sebelumnya, dan akan penuh dipadati oleh masyarakat dari berbagai daerah.

"Insyaallah kemungkinan acara ini lebih meriah dibanding tahun lalu. Karena tahun ini, festival sekujang masuk di Calender of Even Kabupaten Seluma tahun 2023," pungkasnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: