PPP Resmi Dukung Ganjar Pranowo Capres 2024, Nasib KIB Diujung Tanduk

PPP Resmi Dukung Ganjar Pranowo Capres 2024, Nasib KIB Diujung Tanduk

3 Petinggi Partai dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), PPP, Golkar dan PAN.--(Sumber Foto: Istimewa)

BETVNEWS - PPP (Partai Persatuan Pembangunan) baru saja mengumumkan mengusung Ganjar Pranowo sebagai Capres pada pemilu 2024. Bertempat di kompleks kediaman Plt Ketum PPP Muhammad Mardiono di Pakem, Sleman, Rabu 26 April 2024.

BACA JUGA:Plt Ketum: Bismillahirrahmanirohim, PPP Memilih Ganjar Pranowo Capres Pemilu 2024

Hal ini tentu saja berdampak pada kelangsungan nasib dari  Koalisi indonesia Bersatu (KIB) yang terdiri dari PPP, PAN, Dan Golkar. Dimana sebelumnya berhembus kencang kabar PAN mendukung Erick Tohir sebagai cawapres Ganjar, sementara Golkar memajukan ketua umumnya Airlangga Hartarto sebagai capres meskipun elektabilitasnya masih rendah.

BACA JUGA:Prestasi Anies vs Ganjar vs Prabowo, Tiga Bakal Capres 2024, Siapa Terbaik?

Lalu secara terang-terangan Sandiaga Uno mengajukan pengunduran diri dari Gerindra dan sudah bersilahturahim ke PPP lalu disinyalir merapat ke partai berlambang Ka'bah tersebut. Soal calon wakil presiden, PPP berupaya agar calon yang akan diusung nantinya memiliki kartu tanda anggota PPP dengan melibatkan partai asal calon presiden dalam proses pembahasan. 

BACA JUGA:Adu Harta Kekayaan Anies vs Prabowo vs Ganjar, Tiga Bakal Capres 2024, Siapa Terkaya?

Berikut tanggapan dari masing-masing partai baik yang di ucapakan oleh jubir, maupun unsur pimpinan partai yang tergabung di koalisi KIB.

Golkar 

Juru Bicara Partai Golkar Tantowi Yahya menyatakan, bahwa Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) tengah mengalami ujian. Ujian itu datang setelah PDI-P mengumumkan Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden (capres) 2024. Menurut Tantowi, ujian itu soal kemungkinan lepasnya dua partai politik KIB, yaitu Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

 

"KIB memang lagi dalam fase ujian. Pencapresan Ganjar Pranowo oleh PDI-P membuat konstelasi politik sedikit berubah, dan itu biasa saja," ujar Tantowi dikutip dari Kompas.com, (Rabu 26 April 2023).

 

PAN

Disis lain, Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi mengatakan, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) akan bertemu dalam silaturahmi, Kamis 27 April 2024. Pertemuan itu akan dilangsungkan di Jakarta. Namun belum dipastikan tempat pertemuan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: