Pantai Panjang Bengkulu Memakan Korban, Kenali Rip Current Arus Laut yang Berbahaya

Pantai Panjang Bengkulu Memakan Korban, Kenali Rip Current Arus Laut yang Berbahaya

Rip Current (Arus Pecah Laut) yang berbahaya hingga bisa menyebabkan korban meninggal dunia.--(Sumber Foto: Tim/Betv).

BETVNEWS - Pantai Panjang Kota Bengkulu kembali menimbulkan korba jiwa, setidaknya ada 6 orang wisatawan yang berasal dari Palembang digulung ombak, Selasa 2 Mei 2023.

Lalu apa yang menyebabkan seringkali terjadi korban tenggelam di laut. Nah untuk diketahui bahwa salah satu penyebab orang tenggelam di laut, itu dikarenakan arus laut yang menyeret korban ke tengah atau disebut dengan Rip Current.

BACA JUGA:BBM Turun, Cek Harga Baru Pertamax-Pertalite di SPBU Seluruh Indonesia 2 Mei 2023

Sebelum melakukan aktivitas di pantai atau laut, sahabat wisatawan seharusnya memahami terlebih dahulu arus pecah yang terjadi di permukaan laut.

Dimana arus tersebut memiliki kecepatan yang cukup kuat hingga mencapai 2,5 meter per detik.

BACA JUGA:Cek Tanggal Lahir Kamu! Ini 5 Tanggal Lahir yang Bakal Sukses Setelah Melalui Penderitaan

Dilansir dari oceanpulse-indonesia, arus pecah laut (Rip Current) merupakan arus yang mengalir menjauhi pantai, terjadi di area pesisir dengan karakter gelombang pecah.

Nah arus gelombang laut yang menuju ke pantai akan mengalir balik ke laut dengan mengikuti bentuk dasar laut, sehingga akan menimbulkan aliran yang kuat hingga bisa menyeret korban untuk menjauhi pantai.

BACA JUGA:2 Shio Ini Sedang Beruntung! Simak di Sini Ramalan Shio Pada Hari Ini

Dimana arus sejajar pantai ini jika bergerak konvergen pada satu titik, maka aka menimbulkan arus balik yang berkecepatan cukup tinggi yang disebut dengan Rip Current atau arus pecah.

Rip Current ini akan sangat berbahaya bagi keselamatan wisatawan yang sedang mandi di laut, kendati memiliki ketenangan namun ternyata arusnya sangat kuat hingga mampu menyeret korban ke tengah laut.

BACA JUGA:Pikir-pikir Untuk Dinikahi! Perempuan Lahir di 3 Tanggal Ini, Ternyata Baik di Luar dan Jahat di Dalam

Terlebih arus Rip Current ini akan berlangsung dengan waktu yang singkat, serta orang yang terjebak dan terseret arus ini akan sangat sulit untuk melepaskan diri.

Akibatnya, seseorang yang terseret arus pecah ombak ini akan mengalami hal yang berbahaya, bahkan jika tidak dapat memperoleh pertolongan bisa mengancam nyawa korban.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: