Khusus Perempuan! Keterwakilan Masih Kurang, Jika Tertarik Segera Daftar Calon Komisioner Bawaslu

Khusus Perempuan! Keterwakilan Masih Kurang, Jika Tertarik Segera Daftar Calon Komisioner Bawaslu

Elfahmi Lubis, Ketua Tim Seleksi calon anggota Komisioner KPU Provinsi Bengkulu saat dimintai keterangan, Jum'at 5 Mei 2023.--(Sumber Foto: Abdu/Betv).

BENGKULU, BETVNEWS - Setelah proses pendaftaran calon anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu periode 2023-2028 resmi ditutup, tercatat sebanyak 25 orang mendaftarkan diri.

Ketua tim seleksi Bawaslu Provinsi Bengkulu, Elfahmi Lubis menjelaskan, dari 25 pendaftar tersebut terdiri dari 20 laki-laki dan 5 pendaftar perempuan. 

BACA JUGA:Ditipu Rp30 Juta, Kepala Sekolah Laporkan ASN ke Polisi, Modusnya Bikin Senyum

Sesuai tahapan, maka timsel akan melaksanakan tahapan verifikasi administrasi terhadap berkas yang telah diserahkan para peserta pada 12-16 Mei 2023 ini. 

Namun sebelum itu, terhitung hingga 6 Mei esok pihaknya akan melakukan perbaikan berkas peserta terlebih dahulu. 

BACA JUGA:Bansos Pangan Tahap 2 Cair Mei, Segera Cek Penerimanya!

Kemudian, mengingat juknis yang harus turut memperhatikan keterwakilan perempuan sebanyak 30 persen dari jumlah pendaftar, maka pihaknya akan melakukan perpanjang pendaftaran khusus bagi perempuan. 

"Sesuai dengan juknis dari Bawaslu RI, untuk keterwakilan perempuan harus 30 persen dari jumlah peserta, maka dari 25 pendaftar, peserta perempuan harus 8 orang. Untuk itu akan dilakukan perpanjangan pendaftaran yang khusus untuk perempuan pada 9-11 Mei esok," ungkap Elfahmi Lubis, Jum'at 5 Mei 2023.

BACA JUGA:Penerima BLT PKH Mei 2023 Cair hingga Rp3.000.000, Segera Cek KPM Melalui cekbansos.kemensos.go.id

Ia menambahkan, namun apabila sesudah masa perpanjangan pendaftaran jumlah peserta perempuan masih kurang, maka tahapan selanjutnya akan tetap dilanjutkan yakni proses verifikasi administrasi. 

"Kalaupun peserta perempuan tidak bertambah kita tetap lanjut tahapan selanjutnya. Untuk pengumuman hasil verifikasi administrasi akan dilaksanakan pada 17 Mei mendatang," terangnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: