Masya Allah, 7 Hikmah Beriman Kepada Qada dan Qadar Allah, Jadi Seseorang Lebih Banyak Bersyukur!

Masya Allah, 7 Hikmah Beriman Kepada Qada dan Qadar Allah, Jadi Seseorang Lebih Banyak Bersyukur!

Foto merupakan ilustrasi.--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Sebagai umat Islam, tentunya ia akan menyadari bahwa segala sesuatunya terjadi karena ketetapan dari Allah SWT. Hanya Allah lah yang tahu apa yang terbaik bagi hamba-Nya.

Dijelaskan dalam surah Asy-Syura ayat 32-33, Allah berfirman yang artinya:

"Dan, di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah kapal-kapal (yang berlayar) di laut seperti gunung-gunung. Jikalau Dia menghendaki, Dia akan menenangkan angin, maka jadilah kapal-kapal itu terhenti di permukaan laut. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan) -Nya bagi setiap orang yang bersabar dan banyak bersyukur".

BACA JUGA:Akui Belum Maksimal Bantu Masyarakat, Baznas Kaur Ajak ASN Tingkatkan Kesadaran Untuk Bayar Zakat

4. Selalu berusaha

Setelah itu juga, dengan beriman kepada qada dan qadar dapat membuat seseorang selalu berupaya untuk melakukan yang terbaik.

Usaha yang senantisa dilakukan tersebut, Allah akan mendatangkan kemudahan baginya.

Sebagaimana Allah Maha Adil dalam setiap hal yang dilakukan hambaNya. Firman Allah dalam surah At-Taubah ayat 105 yakni:

"Dan Katakanlah: 'Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mu’min akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan."

BACA JUGA:ASTAGHFIRULLAH.. 3 Golongan Ini Akan Menjadi Penghuni Pertama Neraka, Tinggalkan Segera!

5. Terhindar dari sifat sombong

Hikmah lainnya adalah bahwa seseorang akan terhindar dari sifat sombong, dari segala apa yang terjadi baik maupun buruk sesuatu tersebut.

Sehingga, apa yang menjadi ketetapan dari Allah sudah seharusnya tidak berlaku sombong.

Allah Ta’ala berfirman dalam surah Luqman ayat 18, yang artinya:

"Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: