Sejarah Suku Baduy, Keunikan Tradisi, Adat dan Agama

Sejarah Suku Baduy, Keunikan Tradisi, Adat dan Agama

Suku Baduy yang berada di tanah adat, wilayah Banten Indonesia.--(Sumber Foto: Antara/tim/Betv).

BETVNEWS - Indonesia memang kaya akan berbagai etnis suku dan juga budaya, yang disatukan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

Keberagaman tersebut, memang telah mewarnai Indonesia sehingga merupakan salah satu negara yang memiliki banyak sekali etnis, khas dan juga bahasa.

Salah satu yang ada di Indonesia adalah suku Baduy, merupakan salah satu suku pedalaman yang berada di wilayah Kabupaten Lebak Provinsi Banten.

BACA JUGA:Januari-Mei 2023, Ditemukan 15 Kasus DBD di Seluma

Suku Baduy merupakan salah satu suku yang tetap teguh dengan adat istiadat, serta tidak mengikuti modernisasi karena tetap teguh dalam menjaga warisan leluhur.

Dilansir dari laman resmi Kemendikbud, bahwa berdasarkan sejarah suku Baduy dalam berasal dari Batara Cikal, salah satu dari tujuh dewa yang diturunkan ke bumi.

Adapun perannya sebagai pengatur keseimbangan yang ada di bumi.

BACA JUGA:Duh! Ratusan Kendaraan Dinas Pemkab Bengkulu Tengah Nunggak Pajak

Selain itu, suku Baduy juga mempercayai bahwa mereka merupakan keturunan Nabi Adam, yang memang ditugaskan untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Namun demikian, berdasarkan para ahli sejarah bahwa suku Baduy berkaitan dengan Kerajaan Pajajaran, saat abad ke 16 sebelum berdirinya kesultanan Banten.

BACA JUGA:Pendaftar Bacaleg DPRD Mukomuko Pemilu 2024 Meningkat 50 Persen

Ada juga yang menyebutkan, bahwa suku Baduy memang sudah sejak lama berada di kawasan tersebut dan merupakan masyarakat asli yang terus mempertahankan kebudayaan peninggalan nenek moyang mereka.

Suku Baduy ini diketahui memiliki tiga lapisan yang berbeda, diantaranya:

- Suku Baduy Sangka

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: