ALHAMDULILLAH! Pimpinan KKB Yahukimo Dibekuk, Ini Daftar Kejahatannya

ALHAMDULILLAH! Pimpinan KKB Yahukimo Dibekuk, Ini Daftar Kejahatannya

Satgas yang bertugas di Papua dalam rangka melaksanakan misi Perdamaian.--(Sumber Foto: Tim/Betv).

BETVNEWS - Salah satu pimpinan dari pentolan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), yang tergabung dalam Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) di wilayah Yahukimo berinisial PH atau Kopi Tua Heluka berhasil dibekuk TNI.

Penangkapan terhadap yang bersangkutan dilakukan pada Jum'at 19 Mei 2023, sekitar pukul 10.48 WIT di salah satu rumah makan depan Jalan poros Mako Kelurahan Waena, Distrik Distrik Heram Kota Jayapura Provinsi Papua.

Selanjutnya, setelah dilakukan penangkapan oleh anggota TNI, yang bersangkutan kemudian diserahkan kepada Polres Yahukimo.

BACA JUGA:Jubir KKB Papua Tanggapi Kemarahan Susi Pudjiastuti, tapi Responnya Malah Bikin Tambah Geram!

KKB merupakan teroris yang melakukan sejumlah kejahatan di wilayah Papua, dan telah lama menjadi daftar pencarian orang (DPO) Kepolisian Yahukimo.

Untuk diketahui, bahwa penangkapan PH bermula pada saat penangkapan AS, yang merupakan pentolan KKB yang dipimpin PH. Bahkan hal tersebut langsung dikonfirmasi oleh AS.

BACA JUGA:Ternyata Ini yang Bikin KKB Papua Sulit Diberantas, Ada yang Melindungi!

Menurut Brigjen Pol Ahmad Ramadhan, Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Polri, bahwa PH terlibat dalam kasus penembakan terhadap anggota Brimob dari Satgas Operasi Damai Cartenz, pada 30 November 2022 lalu.

Tidak hanya itu, PH juga terlibat dalam pembunuhan anggota TNI pada 4 November 2022.

BACA JUGA:KKB Papua Makin Terdesak, Tokoh Agama Papua Sepakat Bantu TNI-Polri Bebaskan Sandera!

Pada 29 November 2022, yang bersangkutan juga ikut serta dalam penembakan terhadap Brigpol Usdar, merupakan anggota Polres Yahukimo hingga membuat korban meninggal dunia.

Selanjutnya, bahwa PH juga turut andil dalam aksi penembakan yang dilakukan oleh KKB terhadap Pos Penjagaan atau SPKT Polres Yahukimo sebanyak dua kali.

BACA JUGA:KETAR-KETIR! Penyuplai Dana Ditangkap Hingga Saling Serang Sesama KKB, Egianus Kagoya Semakin Terpojok

Lebih lanjut, Yahukimo juga melakukan penyerangan dan penembakan terhadap Pos Kali Buatan Satgas Operasi Damai Cartenz di Distrik Dekai, kendati memang tidak ada korban jiwa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: