Jelang Idul Adha, Keluar-Masuk Hewan Ternak Diperketat, Ada Apa?

Jelang Idul Adha, Keluar-Masuk Hewan Ternak Diperketat, Ada Apa?

Tim Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, saat melakukan penjagaan di perbatasan Mukomuko dan Provinsi Sumatera Barat.--(Sumber Foto: Jemiand/Betv).

BENGKULU, BETVNEWS - Menjelang pelaksanaan hari Raya Idul Adha 1444 H, Pemerintah Kabupaten Mukomuko melalui Dinas Pertanian memperketat pengawasan keluar-masuk hewan ternak.

Bahkan dilakukan penjagaan yang ketat di wilayah perbatasan Provinsi Bengkulu dan Sumatera Barat, terkait dengan adanya hewan ternak yang keluar dan masuk ke Provinsi Bengkulu terutama Kabupaten Mukomuko.

BACA JUGA:4 Zodiak Hidupnya Paling Bahagia di Juni 2023, Ada yang Mulai Kasmaran nih!

Sejauh ini, setiap hewan ternak yang keluar ataupun masuk ke wilayah Kabupaten Mukomuko, dilakukan pengecekan kesehatannya.

Hal ini untuk memastikan bahwa hewan ternak tersebut, sehat dan memenuhi syarat untuk menjadi hewan kurban, dan aman saat dikonsumsi masyarakat.

BACA JUGA:Cerita Lucu Abu Jahal, Gagal Ejek Abu Nawas, Endingnya Bikin Malu Sendiri..

Menurut M. Rizon Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, bahwa untuk yang menjadi perhatian utama terkait dengan keluar masuknya hewan ternak tersebut adalah wilayah perbatasan.

Sehingga wilayah Lubuk Pinang menjadi fokus utama, karena merupakan perbatasan antar Provinsi sehingga memang dilakukan pengecekan kesehatan, agar hewan ternak tidak membawa penyakit menular.

BACA JUGA:IDUL ADHA, Tentang Ketakwaan Ibrahim dan Keikhlasan Ismail Kepada Allah SWT

"Kita optimalkan pengawasan dan pemeriksaan hewan ternak di cek pada perbatasan Lubuk Pinang, untuk menjamin kesehatan hewan ternak yang keluar masuk ke Kabupaten Mukomuko," jelas Kadis.

Selanjutnya juga disampaikan bahwa selain mengawasi lalu lintas hewan ternak di perbatasan, Pemerintah Daerah juga melakukan pengawasan hewan ternak di seluruh wilayah terkait dengan kesehatannya jelang pelaksanaan hari raya Idul Adha. (*)

Baca dan cari artikel lainnya di Google News

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: