Sebelum Wafat di Pangkuan Aisyah, Nabi Muhammad SAW Ungkapkan 'Tidak Akan Ada Nabi Lagi Setelah Dirinya'

Sebelum Wafat di Pangkuan Aisyah, Nabi Muhammad SAW Ungkapkan 'Tidak Akan Ada Nabi Lagi Setelah Dirinya'

Gambar Merupakan Ilustrasi--(Tim/Ist/betv)

BETVNEWS - Sebelum wafat di pangkuan Aisyah, Nabi Muhammad SAW ungkapkan 'tidak akan ada Nabi lagi setelah dirinya.

Menjelang akhir masa hidupnya Nabi Muhammad SAW terus memikirkan nasib umatnya, setelah dirinya sudah tidak berada di tengah mereka.

Nabi Muhammad SAW wafat pada waktu Dhuha, Senin 12 Rabiul Awwal tahun 11 Hijrah atau 8 Juni 632 Masehi, tepat hari ini 1.386 tahun lalu.

Nabi Muhammad wafat pada tahun ke-11 Hijrah, beberapa bulan setelah melaksanakan haji wada’ atau haji perpisahan, tepat Juni 632 di pangkuan Aisyah, Nabi Muhammad berangkat menemui Allah, terpelihara dari segala dosa.

Isyarat dekatnya ajal Rasulullah dimulai ketika beliau beri’tikaf selama 20 hari di bulan Ramadhan tahun 10 H. Malaikat Jibril mengulang Alquran hingga dua kali dalam tahun itu bersama Rasulullah.

BACA JUGA:Ada Malaikat yang Tidak Tersenyum Ketika Bertemu Nabi Muhammad, Begini Kisahnya

Kemudian di Padang Arafah saat haji Wada’ Rasulullah bersabda: “Aku tidak tahu pasti. Barangkali setelah tahunku ini, aku tidak akan bertemu lagi dengan kalian di tempat wukuf ini untuk selamanya”.

Sabda beliau di Jamratul ‘Aqabah, “Ambil dariku manasik kalian (cara-cara menunaikan ibadah haji), sepertinya setelah tahunku ini, aku tidak berkesempatan lagi untuk menunaikan haji.” Selain itu pada pertengahan hari-hari tasyrik, turun kepada beliau surah An-Nashr.

Dengan turunnya surah itu, beliau semakin yakin saat perpisahan telah tiba dan pemberitahuan akan datangnya ajal sudah sampai.

Pada bulan safar 11 Hijriah Rasulullah pergi ke Gunung Uhud dan mendoakan para syuhada yang dikubur di sana.

Nabi Muhammad SAW kemudian beranjak menuju mimbar seraya bersabda: 

“Sesungguhnya aku yang mendahului kalian. Dan sesungguhnya aku menjadi saksi terhadap kalian. Demi Allah, sungguh saat ini aku sedang melihat liang (kubur) ku! Kepadaku telah diserahkan kunci-kunci perbendaharaan bumi atau kunci-kunci bumi. 

BACA JUGA:Kisah Perang Uhud yang Dipimpin Langsung Oleh Nabi Muhammad dan Pelajaran di Dalamnya

Dan demi Allah, aku tidak mengkhawatirkan kalian akan musyrik setelahku. Akan tetapi yang kutakutkan kalian akan berlomba-lomba mendapatkan kunci-kunci itu!” (HR Al-Bukhari dan Muslim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: