Diminta Buka Pintu Surga, Abu Nawas Beri Jawaban Cerdas, Baginda Raja Sampe Molongo

Diminta Buka Pintu Surga, Abu Nawas Beri Jawaban Cerdas, Baginda Raja Sampe Molongo

Gambar hanya ilustrasi.--(Sumber Foto: ist)

BETVNEWS - Dikisahkan Abu Nawas kembali diuji kecerdikannya okeh Baginda Raja. Saat itu tidak seperti biasa Baginda Raja menyamar menjadi rakyat jelata.

 

Di sebuah perkampungan beliau melihat beberapa orang berkumpul. Setelah Baginda mendekat, ternyata seorang ulama sedang menyampaikan kuliah tentang alam barzah. 

 

Setelah Abu Nawas menghadap, Baginda bertitah, "Aku menginginkan engkau sekarang juga berangkat ke surga kemudian bawakan aku sebuah mahkota surga yang katanya tercipta dari cahaya itu. 

 

"Kami menyaksikan orang kafir pada suatu waktu dan mengintip kuburnya, tetapi kami tiada mendengar mereka berteriak dan tidak pula melihat penyiksaan-penyiksaan yang katanya sedang dialaminya. Maka bagaimana cara membenarkan sesuatu yang tidak sesuai dengan yang dilihat mata?" 

 

 

Ulama itu berpikir sejenak kemudian ia berkata: "Untuk mengetahui yang demikian itu harus dengan panca indra yang lain. Ingatkah kamu dengan orang yang sedang tidur?" 

 

"Dia kadangkala bermimpi dalam tidurnya digigit ular, diganggu dan sebagainya. la juga merasa sakit dan takut ketika itu bahkan memekik dan keringat bercucuran pada keningnya." 

 

"la merasakan hal semacam itu seperti ketika tidak tidur. Sedangkan engkau yang duduk di dekatnya menyaksikan keadaannya seolah-olah tidak ada apa-apa. Padahal apa yang dilihat serta dialaminya adalah dikelilingi ular-ular." 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: