Penas Petani Nelayan XVI Resmi Digelar

Penas Petani Nelayan XVI Resmi Digelar

Pembukaan pelaksanaan Penas KTNA 2023 di Sumatera Barat.--(Sumber Foto: Tim/Betv).

SUMATERA BARAT, BETVNEWS - Pekan Nasional (Penas) Petani Nelayan XVI Sumatera Barat(Sumbar) dibuka langsung oleh Presiden RI yang dalam hal ini diwakili Menko Perekonomian Airlangga Hartato melalui daring. 

Acara ini dipusatkan di Lanud Sutan Sjahrir, Kota Padang pada Senin (10/6/2023). Hadir tamu undangan Gubernur Se-Indonesia, tidak lupa pula Gubernur Provinsi Bengkulu H. Rohidin Mersyah yang langsung ikut dalam acara Penas Petani Nelayan XVI.

Peresmian ditandai dengan pemukulan Gandang Tambua oleh Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo, Gubernur Sumbar dan Ketum KTNA Nasional Sofyan Hadi. 

Acara yang diselenggarakan selama 6 hari (10-15 Juni 2023) melibatkan 23.000 peserta se-Indonesia yang terdiri dari petani, nelayan, pemuda tani, penyuluh, peneliti, stakeholder, masyarakat umum dan Petani ASEAN.

Dalam sambutanya Menteri Koordinator Bidang Pertanian RI Airlangga Hartato mengatakan bahwa Penas merupakan hari yang dinanti-nanti para petani dan nelayan seluruh Indonesia.

"Saya sangat berterima kasih kepada masyarakat Sumatera Barat sebagai tuan rumah kegiatan Petani Nelayan ke XVI dengan tema Penas untuk memantapkan dan penguatan potensi komoditas lokal sangat tepat", ujar Airlangga.


Para peserta Penas KTNA yang digelar di Sumatera Barat. --(Sumber Foto: Tim/Betv).

Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo memaparkan kemajuan sektor pertanian tanah air dalam satu tahun belakangan ini, diantaranya capaian PDB Pertanian 16,2 persen, ekspor pertanian yang meningkat 6,79 persen, dan nilai tukar petani 111,18.

"Kita tidak berhenti dengan pencapaian ini saja, banyak tantangan kedepan terutama ancaman krisis pangan akibat El-Nino dan Climate Change. Melalui acara ini berharap bisa menghadirkan konsep pertanian Indonesia yang lebih baik lagi," ungkap Menteri Pertanian RI.

Usai pembukaan, rombongan menyaksikan langsung pameran pertanian serta gelar teknologi pertanian yang menampilkan berbagai kemajuan teknologi pertanian dan perikanan tanah air.(Adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: