14 Tradisi Suku yang Populer Hanya Ditemukan di Indonesia, Bengkulu Ada Loh!

14 Tradisi Suku yang Populer Hanya Ditemukan di Indonesia, Bengkulu Ada Loh!

Gambar hanya ilustrasi.--(Sumber Foto: ist)

BETVNEWS - 14 Tradisi Suku yang Populer Hanya Ditemukan di Indonesia, Bengkulu ada loh!

BACA JUGA:Fakta Menarik Suku Korowai, Tradisi Tinggal di Pohon Hingga Rumor Makan Daging Manusia!

Tradisi adalah kebiasaan, kepercayaan, prinsip atau cara bersikap seseorang di sebuah lingkungan sosial atau grup, adat kebiasaan turun-temurun (dari nenek moyang) yang masih dijalankan dalam masyarakat. Tradisi juga berarti penilaian atau anggapan bahwa cara-cara yang telah ada merupakan yang paling baik dan benar.

BACA JUGA:9 Suku Pedalaman Ini Justru Dihuni Para Wanita Cantik, Ternyata Indonesia Juga Ada

Tradisi dan adat istiadat yang dimikili Indonesia membuat kita bangga sebagai orang Indonesia karena memang cuma bisa ditemukan di tanah air kita saja. Penasaran tradisi unik apa saja yang bikin Indonesia beda dari yang lain? Yuk langsung dibaca!

1. Upacara Tabot - Bengkulu

Upacara Tabot/Tabuk merupakan sebuah tradisi masyarakat di Bengkulu dan di pantai Sumatera Barat. Tradisi ini diselenggarakan secara turun temurun dan digelar di hari Asyura yang jatuh pada tanggal 10 Muharram dalam kalender Islan untuk memperingati kematian Cucu Nabi Muhammad Husein. 

Tradisi Tabot dalam perjalanan sejarahnya telah mengalami proses penyesuaian dengan masyarakat setempat (melalui akulturasi budaya), seperti di Bengkulu, antara tanggal 1 – 10 Muharram (Asyura) menjadi sebuah Festival Kebudayaan.

Nilai-nilai universal yang terkandung dalam tradisi Asyura ini merupakan nilai-nilai Islam dalam membela yang benar di hadapan yang salah, memperjuangkan kebaikan melawan kejahatan serta mengedepankan perdamaian dan kemajuan daripada kezaliman dan penindasan. 

BACA JUGA:5 Tradisi Suku Pedalaman Papua Nugini Paling Ekstrem, Makan Daging dan Otak Manusia!

2. Batombe – Sumatera Barat

Berpantun memang menjadi salah satu ciri orang Indonesia. Di Sumatera Barat terdapat tradisi berpantun, awalnya batombe adalah tradisi yang biasa dilakukan ketika membangun rumah gadang. Pada intinya tradisi ini ingin menghibur orang yang bekerja agar lebih bersemanagt. Selain berpantun, batombe juga mengharuskan para pemainnya untuk menari.

BACA JUGA:Tradisi Tahunan Warga Lunjuk Seluma, Nyemplung ke Tebat Ratu 'Nangguak' Ikan

3. Brobosan – Jawa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: