Dinas TPHP Provinsi Sambut Baik MoU Pemprov Bengkulu dan Jatim

Dinas TPHP Provinsi Sambut Baik MoU Pemprov Bengkulu dan Jatim

Plt Kepala Dinas TPHP Provinsi Bengkulu, Rosmala Dewi.--(Sumber Foto: Abdu/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi BENGKULU, menyambut baik penandatangan MOU kerjasama antara Pemprov BENGKULU dan Pemprov Jawa Timur, yang dilaksanakan pada minggu siang di balai raya Semarak BENGKULU.

Adapun MOU ini dilaksanakan dalam upaya memperkuat kerjasama di sektor pertanian , perkebunan , perikanan dan peternakan, sebagai langkah awal misi dagang jatim di Provinsi Bengkulu.

Plt Kepala Dinas TPHP Provinsi Bengkulu, Rosmala Dewi mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan perjanjian kerjasama (pks), antara pihaknya dengan Dinas Perkebunan Jatim serta Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jatim. Baik dalam bidang pengolaan SDM , informasi pasar maupun prodak serta informasi pelaku usaha.

" Adapun untuk kerjasama kita nanti ada di 2 sektor, yakni pengembangan sektor Hortikultura dan perkebunan. Baik di produk segar maupun olahan terutama di sektor Hortikultura dan perkebunan. " Ungkap Rosmala Dewi. 

BACA JUGA:Dinas TPHP Provinsi Bengkulu Siap Kolaborasi Sukseskan Sensus Pertanian 2023

Untuk produk unggulan dari Bengkulu sendiri yang berpotensi untuk dikerjasamakan berupa sawit, kopi , aren, jahe, sirup kalamnsi ,durian maupun jeruk gerga.

BACA JUGA:Tahun Ini, Dinas TPHP Provinsi Bengkulu Kembali Bagikan Alsintan dan Pupuk Organik Cair Untuk Kelompok Tani

Ia menambahkan, dengan adanya kerjasama ini, sesuai arahan dari 2 Gubernur yakni jangan hanya berfokus pada transaksi, namun hal lain harus turut diperhatikan, terutama sinergitas antar kedua Provinsi agar kerjasama berkelanjutan dan memberikan keuntungan satu sama lain, dengan tidak lupa untuk memperluas jaringan pasar produk unggulan untuk kedua belah pihak. 

" Kita harapkan transaksi ini dapat sesuai rencana dan kerjasama dagang yang menguntungkan kedua belah pihak. Dan yang paling penting, sesuai arahan gubernur dapat berkelanjutan dan kerjasama ini berkah" Tambahnya. 
(ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: