Anjing Ashabul Kahfi, Hewan Setia yang Dijanjikan Masuk Surga, Begini Kisahnya!

Anjing Ashabul Kahfi, Hewan Setia yang Dijanjikan Masuk Surga, Begini Kisahnya!

Gambar hanya ilustrasi. --(Sumber Foto: Doc/BETV)

Bahkan dikatakan ada 10 hewan yang dipastikan menjadi penghuni surga. 

BACA JUGA:Hati-Hati! Ada Golongan Orang yang Tak Dapat Mencium Bau Surga, Siapa Mereka?

Dalam Islam dikenal berbagai cerita yang berbicara tentang binatang. Diyakini bahwa tidak sedikit dari hewan ini adalah salah satu penghuni surga.

Bahkan, kisah hewan tersebut dinyatakan dalam Al-Qur'an baik dalam nama surat maupun dalam narasi.

Salah satu hewan yang dijanjikan masuk surga yakni seekor anjing dalam kisah Ashabul Kahfi.

Anjing yang menemani pemuda Ashabul Kahfi itu juga menjadi salah satu hewan yang kisahnya diabadikan dalam Al-Qur'an. 

Hewan ini ada dalam kisah Ashabul Kahfi yang tidur di gua selama ratusan tahun ditemani seekor anjing. Kisah kelompok pemuda tersebut tercantum dalam Surat Al-Kahfi Ayat 9-22.

Pemuda Ashabul Kahfi sendiri merupakan sekelompok pemuda beriman yang Allah SWT tidurkan selama 309 tahun di gua dalam keadaan hidup. Atas izin Allah SWT, anjing yang bersama mereka juga ikut tertidur bersama para pemuda tersebut di gua.

Hal tersebut sebagaimana yang diceritakan dalam surah Al Kahfi ayat 22. 

Allah SWT berfirman, yang artinya: 

"Kelak (sebagian orang) mengatakan, "(Jumlah mereka) tiga (orang). Yang keempat adalah anjingnya." (Sebagian lain) mengatakan, "(Jumlah mereka) lima (orang). Yang keenam adalah anjingnya," sebagai terkaan terhadap yang gaib. (Sebagian lain lagi) mengatakan, "(Jumlah mereka) tujuh (orang). Yang kedelapan adalah anjingnya." Katakanlah (Nabi Muhammad), "Tuhanku lebih mengetahui jumlah mereka. Tidak ada yang mengetahui (jumlah) mereka kecuali sedikit." Oleh karena itu, janganlah engkau (Nabi Muhammad) berbantah tentang hal mereka, kecuali perbantahan yang jelas-jelas saja (ringan). Janganlah engkau minta penjelasan tentang mereka (penghuni gua itu) kepada siapa pun dari mereka (Ahlulkitab).

BACA JUGA:Ada 8 Nama Surga Menurut Al-Qur'an, Salah Satu Penghuninya Digambarkan dalam Surah Al Hajj Ayat 56

Cerita dimulai ketika para pemuda Ashabul Kahfi melarikan diri dari negaranya karena paksaan dari Raja Daqyanus untuk menyembah berhala. Untuk mempertahankan iman mereka, sekelompok pemuda tadi memilih bersembunyi di gua.

Mereka bersembunyi di Gua Rajib yang terletak sekitar 8 kilometer dari Amman, Yordania. Dalam perjalanan menuju goa, para pemuda Ashabul Kahfi juga berpapasan dengan seekor anjing.

Menurut Syekh Hamid Ahmat Ath Thahir Al Basyuni, anjing itu bernama Qathmair. Anjing itu kemudian mengikuti para pemuda itu dan ikut bersembunyi di sebuah gua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: