Pagelaran Kuda Kepang Sukses Meski Diguyur Hujan

Pagelaran Kuda Kepang Sukses Meski Diguyur Hujan

Bupati Seluma Erwin Octavian, Mega Sulastri Anggota DPRD Provinsi Bengkulu saat menyerahkan Door Prize kepada masyarakat yang beruntung.--(Sumber Foto: Wisnu/Betv).

BENGKULU, BETVNEWS - Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, bersama anggota DPRD Provinsi Bengkulu Fraksi Golkar Mega Sulastri, serta Pemerintah Kabupaten Seluma, menggelar Festival Kebudayaan Pagelaran Kuda Kepang.

Adapun kegiatan tersebut, dilaksanakan di Desa BP II Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma, bekerjasama dengan Bengkulu Ekspress Televisi.

Setidaknya ada 4 Sanggar yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut, diantaranya Satrio Putra Mandiri, Sekar Budoyo, Rongko Wahyu Manunggal dan Krido Utomo, acara tersebut berlangsung dengan meriah meski diguyur hujan.


Kuda Kepang memang merupakan Kebudayaan asal Jawa namun saat ini sudah berkembang pesat hingga di Kabupaten Seluma.--(Sumber Foto: Tim/Betv).

Anggota DPRD Provinsi Bengkulu Dapil Seluma, Mega Sulastri mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap kebudayaan yang ada di Provinsi Bengkulu, khususnya di Kabupaten Seluma.

Pasalnya, kegiatan kebudayaan kudai Kepang ini, selain sudah membuming di Kabupaten Seluma, juga merupakan etnis kebudayaan yang harus dipertahankan.

Untuk itu, dengan adanya kegiatan Kuda Kepang ini, yang antusias diterima oleh masyarakat, kedepannya diharapkan kegiatan Kuda Kepang ini, dapat terus tumbuh di Provinsi Bengkulu, dan bisa bekerjasama dengan kebudayaan lokal.


Para pemain Kuda Kepang tetap semangat dalam menampilkan aksinya meski diguyur hujan.--(Sumber Foto: Tim/Betv).

"Semoga kebudayaan Kuda Kepang ini dapat terus di pertahankan dan tumbuh di Provinsi Bengkulu khususnya di Kabupaten Seluma," ungkap Mega Sulastri, Senin 10 Juli 2023.

Senada, juga disampaikan Kabid Kebudayaan Provinsi Bengkulu Adang Parlindungan mengatakan, sangat mengapresiasi penampilan 4 sangar ini. Semoga untuk kedepannya, dengan melalui kebudayaan, Provinsi Bengkulu dan umumnya di Kabupaten Seluma, dapat lebih maju lagi.

"Harapannya, dengan melalui kebudayaan ini, Provinsi Bengkulu, umumnya di Kabupaten Seluma, untuk kedepannya dapat lebih maju lagi," ungkap Adang.


Penampilan salah satu sanggar Kebudayaan Kuda Kepang di Kabupaten Seluma.--(Sumber Foto: Tim/Betv).

Sementara itu, Bupati Seluma Erwin Octavian, mengucapkan terimakasih dengan pihak terkait yang telah melaksanakan Festival Kebudayaan Kuda Kepang semeria ini di Kabupaten Seluma.

"Terimakasih untuk pihak terkait yang tidak bisa disebutkan satu persatu melaksanakan kegiatan semegah ini. Semoga kedepannya, kebudayaan di Kabupaten Seluma dapat terus kita pertahankan dan kita perkenalkan dengan masyarakat luas," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: