Biaya Kuliah di 4 PTN Ini Paling Murah di Indonesia, Tertarik Daftar?

Biaya Kuliah di 4 PTN Ini Paling Murah di Indonesia, Tertarik Daftar?

Gambar hanya ilustrasi. --(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Biaya Kuliah di 4 PTN Ini Paling Murah di Indonesia, Tertarik Daftar?

Biaya kuliah yang murah seringkali menjadi salah satu indikator yang dilirik calon mahasiswa ketika ingin mendaftar di perguruan tinggi negeri (PTN). 

Maka dari itu, perlu diketahui PTN mana saja yang memiliki biaya kuliah paling murah, namun tetap menawarkan kualitas pendidikan yang prima.

BACA JUGA:Jadi Salah Satu PTN Favorit Calon Mahasiswa, Segini Biaya Kuliah di ITB Jalur Mandiri

Biaya kuliah di PTN disebut juga Uang Kuliah Tunggal (UKT). UKT dibayarkan setiap enam bulan atau setiap semester. Kebijakan UKT untuk setiap mahasiswa akan berbeda-beda, tergantung dari kemampuan ekonomi mahasiswa tersebut.

Beberapa PTN diketahui memiliki biaya kuliah yang murah dan terjangkau. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut daftarnya:

BACA JUGA:4 PTN dengan Biaya Kuliah Paling Murah di Indonesia, Dimana Saja?

1. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

UNY merupakan salah satu PTN dengan biaya kuliah termurah. Kampus dengan tujuh fakultas ini membebankan biaya paling rendah di UKT I yaitu Rp 500.000.

Sedangkan biaya paling tinggi berlaku untuk UKT VII, khusus untuk jurusan fakultas teknik yang bisa mencapai Rp6,3 juta. Namun, UKT III dan Uang Pangkal Pengembangan Akademik (UPPA) akan dikenakan bagi mahasiswa S1 UNY yang diterima melalui jalur Seleksi Mandiri (SM).

BACA JUGA:Perbandingan Biaya Kuliah Kedokteran di UI dan UGM, Mana yang Lebih Murah?

2. Universitas Trunojoyo

Universitas Trunojoyo menjadi PTN kedua dengan biaya paling murah. Universitas ini memiliki tujuh fakultas dengan kelompok UKT yang sama. 

UKT di Universitas Trunojoyo dibagi menjadi enam kelompok dengan kelompok terendah Rp 500.000, sedangkan tertinggi Rp 3 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: