8 Suku Manusia Kerdil, Ternyata di Bengkulu Juga Ada

8 Suku Manusia Kerdil, Ternyata di Bengkulu Juga Ada

Suku manusia kerdil di dunia dan Indonesia.--(Sumber Foto: Tribun)

BETVNEWS - Suku manusia kerdil hidup dalam komunitas dan membuat kehidupan serta bertahan hidup di hutan pedalaman dan gua. Mereka terisolir dan tak berhubungan dengan dunia asing.

BACA JUGA: 6 Tradisi Unik Hari Pertama Masuk Sekolah di Berbagai Negara, Ada yang Menari dan Sujud ke Orang Tua

Manusia kerdil adalah suatu kondisi dimana terdapat kelainan biologis pada manusia yaitu memiliki tubuh tidak proporsional dengan tinggi dibawah 90-120 cm. 

Sehingga disebut manusia kerdil (dwarfisme) atau cebol yang terjadi karena faktor genetik dan kurangnya hormon pertumbuhan dalam tubuh.

BACA JUGA:Akutai Matsuri, Festival Memaki, Tradisi Budaya Jepang yang Unik dan Penuh Makna

Entah hal itu mitos atau fakta, namun beberapa waktu lalu, di pedalaman Aceh ada yang menemukan manusia kerdil atau manusia cebol ini. Mereka adalah Suku Mante. 

BACA JUGA:Suku Atayal Punya Tradisi Ekstrem Penggal Kepala Musuh, Lalu Dijadikan Mas Kawin Melamar Wanita

Selain Suku Mante, ada pula suku-suku lain yang memiliki tubuh mini. Siapa sajakah suku-suku kerdil itu? 

1. Ebu Gogo, Flores

Di Flores dikenal ada Homo Floresiensis yang bertubuh pendek.

Makhluk tersebut adalah Ebu Gogo, makhluk bertubuh pendek yang dipercaya masih ada di Flores, NTT itu. Ebu Gogo tinggal di dalam gua yang bernama Liang Bua.

Dalam buku 'Little People and a Lost World' yang ditulis oleh Linda Goldenberg, dikatakan bahwa Ebu Gogo kerap mencuri perabotan hingga ternak warga. Mereka akan membalas kata-kata yang sama dengan yang dikatakan warga.

Ebu Gogo akan mengambil makanan yang diberikan oleh warga desa, namun mereka tak mau bergabung. Disebutkan pula bahwa Ebu Gogo merasa terancam bila melihat api. Ebu Gogo memiliki tubuh pendek dan ditutupi bulu. 

Ada pula cerita rakyat yang menyebut Ebu Gogo sebagai makhluk mistis. Para orangtua biasa mengatakan ke anaknya jika tak tidur di malam hari maka akan ditangkap Ebu Gogo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: