Mengenal Malaikat Terbesar, Kelak Berdiri di Hadapan Allah SWT Saat Kiamat

Mengenal Malaikat Terbesar, Kelak Berdiri di Hadapan Allah SWT Saat Kiamat

Ilustrasi malaikat.--(Sumber Foto: istimewa)

BETVNEWS - Seperti konten sebelumnya dikisahkan ada malaikat terbesar dalam Islam dan kelak berdiri di hadapan Allah SWT dan menjadi ajudan-Nya di Hari Kiamat.

Malaikat yang sangat besar tersebut bernama Ar-Ruh. 

Dalam Kitab Tashfiyat al-Qulub min Daran al-Awzar wa al-Dzunub oleh Yahya bin Hamzah al-Yamani al-Dzimari, dikatakan bahwa malaikat adalah makhluk Allah yang paling tinggi ukurannya, memiliki tingkatan tertinggi di hadapan Allah, kedudukannya paling luhur, dan tempatnya paling mulia.

BACA JUGA:Masya Allah! Sifat-sifat Malaikat Ini Sungguh Luar Biasa, Umat Islam Wajib Tahu!

Malaikat juga makhluk yang taat dan takut kepada-Nya. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Surat An-Nahl ayat 50 yang artinya: 

"Mereka takut kepada Tuhan mereka yang (berkuasa) di atas mereka dan melaksanakan apa yang diperintahkan (kepada mereka)." (QS An Nahl: 50).

Dalam buku Mengundang Malaikat ke Rumah, Mahmud asy-Syafrowi menyebutkan bahwa Imam Ash-Sadiq pernah ditanya tentang perbandingan jumlah malaikat dan manusia. Mana yang lebih banyak di antara keduanya.

Kemudian ia menjawab bahwa jumlah malaikat bahkan lebih banyak dari butiran tanah di bumi.

"Demi Allah yang nyawaku ada di tangan-Nya! Jumlah malaikat Allah di langit lebih banyak dari jumlah butir tanah di bumi. Tidak ada jejak kaki di langit kecuali ada malaikat yang selalu memuji dan mensucikan Allah. SWT," ungkapnya.

BACA JUGA:5 Golongan Manusia yang Lolos dari Pertanyaan Malaikat Munkar Nakir dan Bebas dari Siksa Kubur, Siapa Saja?

Besar Malaikat Ar-Ruh

Imam Jalaluddin as-Suyuthi dalam Al-Haba'ik fi Akhbar Al-Mala'ik, terjemahan Misbahul Munir, malaikat terbesar Ar-Ruh jika dia membuka mulutnya, maka bisa menampung semua malaikat. 

Hal ini berdasarkan keterangan Abu Asy-Syaikh yang meriwayatkan dari Adh-Dhahhak. Ia mengatakan bahwa Ar-Ruh adalah ajudan Allah. 

BACA JUGA:Inilah 5 Orang yang Rumahnya Tidak Akan Didatangi Malaikat, Naudzubillah Min Dzalik!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: