Alasan Bali Lebih Terkenal dari Indonesia, Populer di Dunia

Alasan Bali Lebih Terkenal dari Indonesia, Populer di Dunia

Gambar Tanah Lot Bali. --(Sumber Foto: Kemenparekraf)

BETVNEWS - Indonesia memiliki banyak destinasi objek wisata menarik, tetapi Bali tetap menjadi yang paling terkenal bahkan populer di dunia. Pulau Bali sendiri lebih terkenal daripada Indonesia. Hampir sebagian besar turis mancanegara mengira Bali adalah sebuah negara.

BACA JUGA:Tiba Hari Ini, Simak Daftar Kabupaten/Kota Akan Dikunjungi Presiden Republik Indonesia di Provinsi Bengkulu

Padahal Bali hanya provinsi yang letaknya diantara Lombok dan Jawa, sekaligus menjadi destinasi wisata andalan Indonesia. Bali terkenal dengan julukan Pulau Dewata karena dikaitkan dengan tradisi agama Hindu dan kepercayaan. Memiliki luas sekitar 5.780 kilometer persegi dan merupakan pulau terpadat kedua di Indonesia dengan populasi sekitar 4,3 juta jiwa.

BACA JUGA:Daftar 10 Negara dengan Mata Uang Terendah di Dunia Tahun 2023, Rupiah Indonesia Salah Satunya

Bali juga dijuluki juga sebagai The Island of Gods, yang menawarkan beragam pilihan aktivitas yang bisa dicoba mulai dari kegiatan ekstrem, menikmati angin dan sunset di tepi pantai dan membuatnya dinobatkan sebagai destinasi populer tahun 2021 versi Tripadvisor. 

BACA JUGA:5 Tradisi Malam 1 Suro di Indonesia yang Sakral dan Penuh Makna

Berikut rangkuman alasan dari berbagai sumber yang berhasil dihimpun BETVNEWS

Mengutip dari Hindu Ensiklopedi Indonesia, Bali jauh lebih terkenal dari Indonesia karena Bali lebih dulu diperkenalkan oleh Belanda daripada negaranya Indonesia. Nama Pulau Bali sudah ada sejak 914 Masehi, sebelum Indonesia lahir.

Pemerintah kolonial Belanda memperkenalkan Bali sebagai tujuan wisata tahun 1920 sampai 1930 ke Eropa.

BACA JUGA:Biaya Kuliah di 4 PTN Ini Paling Murah di Indonesia, Tertarik Daftar?

Pada awalnya banyak konotasi negatif tentang Bali dan warga Bali. Sebagaimana dalam buku A Paradise Created (2013) karya Adrian Vicker yang menjelaskan tentang pandangan buruk tentang Pulau Bali.

Semua konotasi negatif tersebut hilang setelah Belanda menaklukan Bali pada tahun 1908. Lalu Belanda mulai menggambarkan Pulau Dewata itu sebagai surga dunia.

Margaret Mead-Gregory Bateson, Miguel Covarrubias Walter Spies, dan Collin PcPhee merupakan seorang seniman yang memperkenalkan Bali lewat karyanya pada tahun 1930 lalu. Berkat karya mereka, Pulau Bali semakin terkenal ke penjuru dunia. 

BACA JUGA:Besok, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo Dijadwalkan Hadir di Provinsi Bengkulu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: