Pendaftaran CPNS Kemenkumham 2023, Formasi untuk Lulusan SMA, Simak Syaratnya

Pendaftaran CPNS Kemenkumham 2023, Formasi untuk Lulusan SMA, Simak Syaratnya

Pendaftaran CPNS Kemenkumham 2023.--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Kemenkumham dikabarkan akan membuka formasi CPNS 2023 untuk lulusan SMA, berikut informasi mengenai detail formasi beserta syarat yang dibutuhkan

BACA JUGA:Formasi PPPK dan CPNS 2023 Hanya 572.496, Padahal Kebutuhan ASN 1 Juta Lebih, Ternyata Ini Alasannya

Tahun ini, pembukaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2023 akan dilaksanakan pada September mendatang. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas.

Menteri menyebutkan, total kebutuhan PPPK dan CPNS 2023 adalah sebanyak 1.030.751 formasi. Akan tetapi, formasi yang dibuka pada seleksi CASN 2023 ini adalah sebanyak 572.49 untuk PPPK dan CPNS 2023, baik di pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

BACA JUGA:Syarat CPNS 2023, Peluang Lulusan SMA dan SMK, Segera Cek Formasi Terbaru!

Artinya, formasi yang dibuka dalam seleksi penerimaan aparatur sipili negara 2023 ini, hanya setengah dari kebutuhan ASN nasional.

Formasi PPPK dan CPNS 2023 tidak dibuka secara penuh karena memperhitungkan anggaran yang dimiliki oleh masing-masing instansi.

BACA JUGA:Kesempatan Jadi ASN, Cek Formasi PPPK dan CPNS 2023 Terbaru, Syarat, dan Link Pendaftaran

Sementara itu, khusus untuk lulusan SMA, ada sejumlah instansi yang dikabarkan membuka formasi untuk mereka. Berkaca dari CPNS tahun sebelumnya, salah satu instansi yang membuka lowongan untuk lulusan SMA adalah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

BACA JUGA:Pendaftaran CPNS 2023, Kejaksaan Buka Lowongan untuk Lulusan SMA, Formasi Penjaga Tahanan Paling Banyak

Formasi CPNS Kemenkumham 2023

Pada tahun-tahun sebelumnya, kementerian yang bergerak di bidang hukum dan hak asasi manusia ini pernah membuka lowongan CPNS untuk mengisi sejumlah jabatan. Berkaca dari hal itu, ada kemungkinan Kemenkumham kembali membuka lowongan di tahun 2023 ini.

Mengacu pada formasi yang dibuka pada tahun 2021, berikut daftar formasi CPNS Kemenkumham 2023, peluang lulusan SMA:

1. Penjaga Tahanan Pria 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: