Rumah Adat Jadi Sekretariat BMA Provinsi Bengkulu, Diresmikan Gubernur Hari Ini

Rumah Adat Jadi Sekretariat BMA Provinsi Bengkulu, Diresmikan Gubernur Hari Ini

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah meresmikan Gedung Balai Musyawarah Adat (BMA) yang lokasinya beradi kawasan Gedung Daerah Balai Raya Semarak, pada Senin 14 Agustus 2023 pagi. --(Sumber Foto: Julyan/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS.COM - Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah meresmikan Gedung Balai Musyawarah Adat (BMA) yang lokasinya beradi kawasan Gedung Daerah Balai Raya Semarak, pada Senin 14 Agustus 2023 pagi. 

BACA JUGA:Perkelahian Saudara Kandung, 3 Warga Bengkulu Selatan Meninggal Dunia

Gubernur didampingi langsung oleh Ketua BMA Provinsi Bengkulu Drs. H. S. Effendi, dan tamu undangan yang terdiri dari tokoh adat Bengkulu. Gubernur menyampaikan bahwa dengan telah diresmikannya gedung ini maka BMA Provinsi Bengkulu resmi memiliki gedung sendiri yang berada di samping Balai Raya.

BACA JUGA:HUT Pramuka ke-62, Gubernur Bengkulu: Pramuka Sarana Lahirkan Generasi Unggul

"Tadi sudah diresmikan Sekretariat Gedung BMA Provinsi Bengkulu. Dan tolong difungsikan dan diakomodir dengan kegiatan Kabupaten Kota. Selanjutnya mengawal kegiatan Pemprov dengan penerapan adat yang ada di Bengkulu maupun Kabupaten Kota. Sehingga tercipta keseragaman," kata Gubernur.

BACA JUGA:Pegadaian Syariah Bengkulu ‘Grebek Pasar’, Beri Informasi Tentang Pegadaian KUR Syariah

Disisi lain, Drs. H S. Effendi sebagai Ketua BMA yang mendampingi Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah pada acara peresmian Sekretariat Badan Musyawarah Adat mengucapkan rasa terima kasihnya dengan diremismikan gedung ini.

BACA JUGA:Tahun Depan, Provinsi Bengkulu Dapat Bantuan DAK Untuk Pembangunan 3 Tematik

Kedepannya akan ada yang dirancang agar gedung ini memiliki manfaat sesuai fungsinya. Pihaknya pun sudah mempersiapkan 3 bilik kecil untuk siapa saja yang datang berkunjung, seperti janji Gubernur untuk melengkapi sarana dan pra sarana. 

BACA JUGA:RSKJ Soeprapto Gelar Terapi Rekreasi Bagi ABK di Kota Bengkulu

"Alhamdulillah kita mensyukuri yang diberikan Allah melalui tangan Allah ke Gubernur dan DPRD Provinsi bahwa gedung ini sudah menjadi gedung BMA. Dan kami berharap di depan Gedung BMA ini dapat dibangun rumah adat yang fungsinya sebagai edukasi kepada Kabupaten Kota yang berkunjung, sehingga tidak perlu pergi jauh-jauh ke Taman Mini Indonesia Indah," kata Ketua BMA.

BACA JUGA:Pejuang Amplop Coklat, Ayo Merapat! Disnakertrans Provinsi Bengkulu Bakal Gelar Job Fair

Disisi lain, sebelum digelarnya peresmian terlebih dahulu pengurus BMA dan Gubernur Bengkulu telah mengadakan pertemuan pada bulan Maret 2021 lalu. 

Saat itu, kepada pengurus BMA, Gubernur menyetujui untuk rumah adat di Gedung Daerah Balai Raya Semarak sebagai sekretariat BMA. Dengan catatan tidak menghilangkan fungsi rumah adat melainkan difungsikan sebagai representasi adat Bengkulu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: