dempo

Kuatkan Karakter Mahasiswa, Universitas Dehasen Bengkulu Gelar Kuliah Pakar

Kuatkan Karakter Mahasiswa, Universitas Dehasen Bengkulu Gelar Kuliah Pakar

Pelaksanaan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PPKMB), dengan tema Penguatan Karakter Bagi Mahasiswa Baru. --(Sumber Foto: Tim/Betv)

BENGKULU, BETVNEWS - Universitas Dehasen (Unived) BENGKULU melaksanakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PPKMB), dengan tema Penguatan Karakter Bagi Mahasiswa Baru

Adapun kegiatan ini dilaksanakan di halaman utama Universitas Dehasen, Rabu 30 Agustus 2023 lalu. 

Untuk memberikan materi kepada mahasiswa baru tersebut, Universitas Dehasen Bengkulu menghadirkan Dr. Mohammad Rohmadi, M. Hum yang merupakan Dosen Universitas Sebelas Maret Surakarta. 

BACA JUGA:Baliho Bikin Semrawut, Gubernur: Akan Ditertibkan Awal Oktober

Sementara kegiatan tersebut diikuti seluruh mahasiswa baru dan civitas akademik Universitas Dehasen Bengkulu. 

Sedangkan dalam pemaparannya, ada beberapa poin penting yang disampaikan kepada mahasiswa baru Unived, terutama mengenai poin-poin utama pembentukan karakter seorang mahasiswa, dan pentingnya ber literasi, menulis dan membaca.

“Ada 4 poin utama pembentuk karakter mahasiswa yang perlu dimiliki oleh seorang mahasiswa, diantaranya berpikir kritis, kreatif, komunikatif, serta kolaboratif," ungkap Dr. Muhammad Rohmadi. 

BACA JUGA:Polda Bengkulu Ungkap Penimbunan BBM Subsidi di Bengkulu Utara, 2 Pelaku Diamankan

Mahasiswa baru diharapkan memiliki daya kritis dalam menghadapi problematika yang akan dihadapi pasa abad 21, lebih kreatif dalam mengatasi masalah serta memiliki produk yang berguna bagi masyarakat luas. 

Selain itu, mahasiswa baru juga diharapkan mampu berkomunikasi dengan baik antar sesama, warga kampus, dosen serta masyarakat secara umum.

BACA JUGA:Rapat Bersama Mitra, Komisi IV Dorong Penambahan Kuota JKN Bagi Warga Kurang Mampu

"Diharapkan akan muncul kolaborasi antar mahasiswa dengan mahasiswa, mahasiswa dengan dosen, serta terdapat kolaborasi yang berdampak baik bagi lingkungan. Dengan demikian, karakter yang dimiliki akan lekat dan dapat diimplementasikan secara aktif dan atraktif," imbuhnya. 

Lebih lanjut, Dr. Muhammad Rohmadi menyampaikan bahwa yang perlu dikuasai dari seorang mahasiswa diantaranya literasi baca-tulis, literasi numerik, literasi keuangan, literasi digital, literasi sains, serta literasi budaya dan kewargaan. 

BACA JUGA:4 Bandit Spesialis Curnak yang Meresahkan di Seluma Berhasil Ditangkap

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: