dempo

Dinas TPHP Provinsi Bengkulu Gelar Sosialisasi Peraturan dan Aplikasi Sistem Pembenihan Pangan

Dinas TPHP Provinsi Bengkulu Gelar Sosialisasi Peraturan dan Aplikasi Sistem Pembenihan Pangan

Dinas Tanaman Pangan, Hortilkutura dan Perkebunan (DTPHP) Provinsi Bengkulu menggelar Bimtek "Sosialisasi Peraturan dan Aplikasi Sistem Pembenihan Tanaman Pangan" pada Selasa, 13 September 2023 yang dipusatkan disalah satu Hotel di Kota Bengkulu.--(Sumber Foto: Robi/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Dinas Tanaman Pangan, Hortilkutura dan Perkebunan (DTPHP) Provinsi BENGKULU menggelar Bimtek "Sosialisasi Peraturan dan Aplikasi Sistem Pembenihan Tanaman Pangan" pada Selasa, 13 September 2023 yang dipusatkan disalah satu Hotel di Kota BENGKULU.

BACA JUGA:Antipasi Kekeringan, Dinas TPHP Provinsi Bengkulu Sediakan Bantuan Benih Padi Untuk Petani

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Plt Kadis TPHP, Rosmala Dewi, yang juga sekaligus menjadi pemateri.

Adapun sebanyak 40 peserta mengikuti kegiatan tersebut mulai dari Pengawas Benih Tanaman dan Produsen Penangkar Benih Tanaman Pangan.

Selain Plt Kadis, ada pemateri lainnya yaitu Edi Suparwoto yang berasal dari Direktorat Pembenihan Tanaman Pangan dan Sidiq Widodo, selaku Kepala UPTD PPSBTPHP Provinsi Bengkulu.

BACA JUGA:DTPHP Provinsi Bengkulu Gelar Pelatihan Kewirausahaan Petani

Rosmala menjelaskan bahwa jumlah Pembenih Bibit Tanaman (PBT) di Provinsi Bengkulu saat ini masih kekurangan, hanya sekitar 40 orang, sehingga ada kekhawatiran tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan pengawasan benih di 9 Kabupaten dan 1 Kota Provinsi Bengkulu.

BACA JUGA:Rapat Evaluasi Bidang Perkebunan, Dinas TPHP: Sanksi Mengintai Bagi PKS Tidak Patuh

"Jumlah PBT ini tidak terlalu banyak artinya perlu kita lakukan pengadaan kembali baik itu THL maupun ASN, dan saat ini sedang kiata ajukan ke kementerian.  Karena PBT ini sebagai garda terdepan mengawasi kualitas benih, benih unggul, benih tersedia dengan tepat, dan benih sesuai dengan aturan," Jelas Rosmala kepada BETVNEWS Selasa, 12 September 2023.

BACA JUGA:Kekeringan 50 Hektar Sawah di Seluma, Dinas TPHP Bengkulu Beri Bantuan Pompa Air

Selain itu,  Rosmala juga berharap PBT ini nantinya bisa transparan, independent serta harus bisa melek teknologi.

BACA JUGA:Dinas TPHP Provinsi Bengkulu Salurkan 100 Bibit Buah ke Kabupaten Kaur

 "Perkembangan teknologi saat ini begitu pesat. Sehingga  harus cepat mereka serap, karena perubahan di lapangan itu sangat begitu cepat," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: