Hadapi Bencana Kekeringan, Dinas TPHP Provinsi Bengkulu Siapkan Bantuan 35 Unit Mesin Pompa Air

Hadapi Bencana Kekeringan, Dinas TPHP Provinsi Bengkulu Siapkan Bantuan 35 Unit Mesin Pompa Air

Plt Kepala Dinas TPHP Provinsi Bengkulu, Rosmala Dewi.--(Sumber Foto: Robi/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Untuk mengatasi dampak kekeringan di sejumlah wilayah Provinsi BENGKULU, Dinas Tanaman Pangan Hortilkuta dan Perkebunan (TPHP) Provinsi BENGKULU akan membagikan bantuan pompa air bagi para kelompok tani (Gapoktan) yang terdampak kekeringan di musim kemarau.

Hal ini disampaikan oleh Rosmala Dewi selaku Plt Kadis Dinas TPHP Provinsi Bengkulu.

BACA JUGA:Kekeringan 50 Hektar Sawah di Seluma, Dinas TPHP Bengkulu Beri Bantuan Pompa Air

"Untuk mengatasi dan mengantisipasi dampak kekeringan kita telah membagikan bantuan pompa untuk masing masing kabupaten/kota yang diserahkan ke brigade Alsintan," jelas Plt Kadis.

BACA JUGA:Lahan Pertanian Terus Menyusut, Dinas TPHP Dorong Realisasi SK LP2B

Tahun ini DTPHP Provinsi memiliki 35 unit pompa air secara  keseluruhan. Dan telah disalurkan sebanyak 7 unit bagi daerah atau kelompok tani yang membutuhkan diantaranya, untuk kabupaten Bengkulu Utara, kabupaten Seluma yang mengalami kebakaran lahan, dan kecamatan ipuh Muko-muko yang mengalami kekeringan ekstrem.

BACA JUGA:Plt Kepala Dinas TPHP: Pemprov Bengkulu Dorong Hilirisasi Sektor Perkebunan

Adapun persyaratan bagi petani yang ingin mengajukan permintaan bantuan unit pompa air harus mengajukan melalui kelompok taninya(GAPOKTAN) dengan surat resmi.

Selanjutnya Dinas TPHP Provinsi akan segera menindaklanjuti dan menyalurkan bantuan Pompa tersebut serta menyiapkan data admisntrasi berupa berita acara pemberian.

BACA JUGA:Dinas TPHP Provinsi Bengkulu Dorong Kelompok Tani Bentuk Kelembagaan Resmi

"Bantuan pompa untuk para kelompok tani yang terdampak kekeringan ini sifatnya berupa pinjaman. Dan harus dikembalikan jika  penangan musibah kekeringan ini telah berakhir," ungkap plt Kadis DTPHP Provinsi Bengkulu kepada BETVNEWS Jumat, 15 September 2023.

(ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: