1.500 Hektar Sawah Kekeringan, Dinas TPHP Bengkulu Sigap Bantu Petani Terdampak

1.500 Hektar Sawah Kekeringan, Dinas TPHP Bengkulu Sigap Bantu Petani Terdampak

Para petani sedang menanam padi di sawah.--(Sumber Foto: Robi/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Kekeringan yang melanda sejumlah wilayah di Provinsi BENGKULU menyebabkan ratusan hingga ribuan hektar lahan persawahan membutuhan bantuan alat dan mesin pertanian berupa pompa air.

BACA JUGA:Hadapi Bencana Kekeringan, Dinas TPHP Provinsi Bengkulu Siapkan Bantuan 35 Unit Mesin Pompa Air

Sesuai dengan arahan Gubernur Rohidin Mersyah, maka Dinas TPHP selalu sigap dan tanggap dalam kondisi kekeringan disejumlah wilayah di Provinsi Bengkulu mencapai 1500 hektar.

Hal ini diungkapkan oleh Rosmala Dewi, selaku Plt Kadis Tanaman Pangan Hortilkutura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi Bengkulu.

BACA JUGA:Dinas TPHP Provinsi Bengkulu Segera Distribusikan 15 Ribu Bantuan Bibit Sawit

"Yang sudah masuk datanya ke kita ada 4 dan terus bertambah antara lain di Seluma 500 Ha, Bengkulu Selatan 100 Ha, Kota Bengkulu 100 Ha, Bengkulu Utara 300 Ha, dan yang terbaru Muko-muko  yang dalam waktu kurang dari 2x24 Jam kita sudah turun dan memberikan bantuan," ungkapnya kepada BETVNEWS Senin 18 September 2023.

Lebih lanjut Rosmala Dewi pun ingin meluruskan berita-berita yang berseliweran bahwasanya Provinsi Bengkulu terancam akan mengalami gagal panen, itu tidaklah benar, dan kemungkinan hanya 20-30 persen yang diprediksi gagal panen akibat kekeringan dan bukan keseluruhan areal lahan yang terdampak.

Dan masyarakat tidak perlu khawatir yang berlebihan hingga terjadi panic buying.

Adanya berita mengenai kita akan mengalmi gagal panen, saya tegaskan itu tidak benar,  hanya berkisar 20-30 persen saja kemungkinan terancam gagal," pungkasnya.

BACA JUGA:Dinas TPHP Provinsi Bengkulu Gelar Sosialisasi Peraturan dan Aplikasi Sistem Pembenihan Pangan

Sebagai Informasi, bagi para petani di kabupaten yang wilayah lahan pertaniannya mengalami kekeringan agar segera melapor ke penyuluh melalui kelompok tani di desa masing-masing.

Nantinya para penyuluh akan menyiapkan proposal untuk diusulkan ke Dinas TPHP Provinsi Bengkulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: