Kabar Gembira, Akan Ada Operasi Beras Murah Tiap Kecamatan di Seluma

Kabar Gembira, Akan Ada Operasi Beras Murah Tiap Kecamatan di Seluma

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Seluma, Amri. --(Sumber Foto: Jul/BETV)

BETVNEWS - Pemkab (Pemerintah Kabupaten) Seluma menyiapkan 28 ton beras yang akan disalurkan ke 14 Kecamatan dalam gelaran operasi beras murah.

Hal ini dilakukan mengingat dampak El Nino yang melanda Kabupaten Seluma sejak 3 bulan terakhir, yang mana sejumlah sawah mengalami kekeringan. Belakangan pun warga banyak mengeluhkan harga beras yang melonjak tinggi karena faktor cuaca.

El Nino membuat sistem irigasi kering, mengakibatkan gagal panen dan tidak optimal. Lalu, ada kenaikan harga gabah kering giling dan gabah kering panen di daerah produsen.

Kadis Ketahanan Pangan Seluma Amri mengatakan pihaknya akan menyalurkan bantuan beras murah per kecamatan masing-masing mendapatkan 2 ton beras yang dijual dengan harga Rp11.500 per kilogram.

BACA JUGA:Masyarakat Seluma Hibahkan Lahan, Bangun Kembali TPI Ketapang Baru yang Rusak

Harga yang dijual di operasi beras lebih murah bila dibandingkan harga di pasaran saat ini yang mencapai Rp25.000 per 1 kaleng.

"Kami salurkan 2 ton beras perkecamatan nantinya  akan dikoordinasikan ke kepala desa untuk di beritahu kepada masyarakat," kata Kadis (Selasa 19 September 2023).

BACA JUGA:Rapat Paripurna DPRD Seluma, Sahkan 6 Raperda Jadi Perda

Dalam hal ini pihaknya menyiapkan 28 ton beras Bulog dan mulai Rabu 20 September 2023, akan menyalurkan bantuan tahap awal beras Bulog tersebut sesuai permintaan dari kecamatan.

"Tahap awal kami salurkan 2 ton dulu , jika kekurangan pihak kecamatan bisa mengajukan lagi permintaan bantuan beras murah," sambung Kadis.

BACA JUGA:Masya Allah, Panen Perdana Pohon Kurma di Halaman BEMG, Sukatno: Buah Kurmanya Tanpa Biji

Sementara itu, adapun stok beras yang dimiliki Pemkab Seluma tersedia sebanyak 150 ton, kepada masyarakat yang ingin membeli dibatasi maksimal pembelian 3 karung ukuran 10 kilogram. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: