Dampak El Nino, Kasus ISPA Meningkat Dua Bulan Terakhir di Lebong

Dampak El Nino, Kasus ISPA Meningkat Dua Bulan Terakhir di Lebong

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lebong Rachman.--(Sumber Foto: Dwi/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS -  Dinas Kesehatan Kabupaten Lebong mencatat tren kenaikan kasus insfeksi saluran pernapasan atas atau ISPA dalam dua bulan terakhir. Peningkatan ISPA ini diduga lantaran adanya perubahan iklim El Nino yang terjadi saat ini mulai berdampak pada kesehatan masyarakat.

BACA JUGA:Sembunyikan Ganja Dalam Rokok, Dua Pemuda Lebong Ditangkap

Dijelaskan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lebong, Rachman, SKM, M.Si bahwa saat ini memang terjadi peningkatan kasus ISPA di Lebong, hal tersebut belum terlalu tinggi namun harus diwaspadai. Tercatat pada bulan Agustus lalu, sebanyak 230 kasus ISPA terjadi.

BACA JUGA:Polres Lebong Segera Tetapkan Tersangka Dugaan Korupsi Dana Desa Pungguk Pedaro

“Memang ada peningkatan, namun belum terlalu tinggi. Kita minta agar warga lebih waspada dengan menggunakan masker saat keluar rumah,” jelas Rachman. 

Dinas Kesehatan meminta agar warga waspada terhadap penyakit ispadengan selalu menggunakan masker saat melaksanakan aktivitas di luar rumah.

Terlebih jika mengalami gejala ispa untuk segera mendatangi fasilitas kesehatan terdekat seperti Puskesmas. 

BACA JUGA:Dampak El Nino, Damkar Siap Suplai Air Bersih untuk Warga Lebong yang Membutuhkan

Pihaknya juga mengajak masyarakat mengutamakan budaya prilaku hidup bersih dan sehat serta menjaga kebersihan lingkungan dengan menggunakan air bersih.

Di sisi lain, tercatat jumlah kasus ISPA di Kabupaten Lebong mulai dari bulan Januari hingga Agustus 2023 telah mencapai 1.886 kasus.

Dengan rincian berikut ini:

- Januari: 468 kasus

- Februari: 346 kasus

- Maret: 195 kasus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: