1.219 Kali Gempa Guncang Provinsi Bengkulu Sepanjang 2023

1.219 Kali Gempa Guncang Provinsi Bengkulu Sepanjang 2023

Tamia Widia Pengamat Metereologi dan Geofisika Muda BMKG Bengkulu--(Sumber Foto: Ahmad/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Berdasarkan data yang dimiliki BMKG (Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika Bengkulu melalui Stasiun Geofisika Kepahiang disepanjang tahun 2023 ini telah terjadi 1.219 kali gempa bumi mengguncang wilayah Provinsi Bengkulu dan sekitarnya.

 

Namun hanya dari total tersebut hanya sekitar 40 gempa yang dirasakan oleh masyarakat mulai dari kekuatan Magnitudo 1,4  hingga paling tinggi Magnitudo 6,9 yang pusatnya terjadi di Kepualauan Mentawai pada 25 April 2023 lalu dan getarannya dirasakan hingga wilayah Mukomuko dan tidak berpotensi tsunami. 

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Gempa Magnitudo 4.8 Guncang Kota Bengkulu Sore Ini

Tamia Widia Pengamat Metereologi dan Geofisika Muda BMKG Bengkulu mengatakan bahwa Sebanyak 871 gempa dari 1.219 gempa yang terjadi disebabkan oleh subduksi, 348 kejadian disebabkan oleh sesar atau patahan lokal yang ada di sekitara Provinsi Bengkulu hingga Sumatera Bagian Selatan.

BACA JUGA:Ikan Kiamat Raksasa Muncul di Perairan Taiwan, Benarkah Pertanda Gempa? 

Mengingat Bengkulu sendiri merupakan wilayah yang rawan terjadi gempa untuk itu BMKG mengingatkan kepada warga sekitar agar terus berhati-hati dan selalu waspada.

BACA JUGA:Gempa Bumi juga Guncang 2 Wilayah Bengkulu Pasca di Mentawai, Tidak Berpotensi Tsunami

""Kepada masyarakat Bengkulu untuk tetap waspada, siaga dan tanggap bencana, karena gempa ini bisa datang kapan saja, pahami bahwa daerah kita adalah wilayah yang rawan gempa, jadi jangan lupa tanggal bencana, siapkan apa yang perlu di siapkan, dan perlu diketahui juga apa yang harus kita lakukan sebelum terjadi bencana, saat terjadi bencana, dan setelah terjadi bencan," kata Tamia (Sabtu 7 Oktober 2023).

(*) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: