5 Hektar Lahan di Kaur Terbakar, Pemadaman Terkendala Sulitnya Medan

5 Hektar Lahan di Kaur Terbakar, Pemadaman Terkendala Sulitnya Medan

Setidaknya sekitar 5 hektare lahan di Desa Tanjung Aur I Kecamatan Tanjung Kemuning Kabupaten Kaur ludes di lahap api pada Kamis 12 Oktober 2023. Anggota Polres Kaur dan jajaran pun masih menyelidiki penyebab terjadinya kebakaran.--(Sumber Foto: Dedi/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Setidaknya sekitar 5 hektare lahan di Desa Tanjung Aur I Kecamatan Tanjung Kemuning Kabupaten Kaur ludes di lahap api pada Kamis 12 Oktober 2023. Anggota Polres Kaur dan jajaran pun masih menyelidiki penyebab terjadinya kebakaran.

BACA JUGA:Tempo Semalam, 2 Lahan Kosong Kebakaran di Kecamatan Sukaraja

Di ketahui insiden kebakaran terjadi pada Rabu 11 Oktober 2023 sekitar pukul 17.00 Wib. Karena lahan yang kering akibat kemarau, api sangat cepat melahap lahan perkebunan sawit seluas 3 hektar dan lahan kosong 2 hektar milik Pobri Setiawan (45) warga Desa Selika III Kecamatan Tanjung Kemuning, Kabupaten Kaur.

BACA JUGA:Kebakaran Lahan Kian Sering, Siang Tadi 2 Hektar Lahan Gambut Terbakar di Desa Jenggalu

Api pun mulai padam sekira pukul 21.30 WIB dibantu satu unit mobil pemadam kebakaran milik Pemda Kaur, TNI Polri dan warga sekitar.

Sementara itu, Kapolres Kaur AKBP Eko Budiman SIK MIK M.Si membenarkan adanya peristiwa kebakaran lahan tersebut.

Adapun lahan yang terbakar diperkirakan seluas 5 hektar dengan rincian 3 hektar lahan perkebunan sawit dan 2 hektar lahan kosong yang baru di buka.

BACA JUGA:Dalam Waktu Berdekatan, 2 Insiden Kebakaran Lahan Terjadi Hari Ini di Seluma

"Ya, kejadiannya kemarin malam yang terbakar yaitu 3 hektare perkebunan sawit dan 2 hektare lahan kosong," kata Kapolres Kaur.

BACA JUGA:Manis dan Menyehatkan, Cek 5 Manfaat Manggis untuk Kesehatan Tubuh Kamu, Bisa Bantu Turunkan Berat Badan!

Petugas pemadam dan masyarakat merasa kesulitan memadamkan api karena jangkauan sangat jauh dan sulutnya medan sehingga kendaraan tak dapat masuk ke titik api.

"Tim pemadaman dan masyarakat terkendala dengan Medan yang sulit dan jauh dari jangkauan tapi Alhamdulillah api bisa dipadamkan pada pukul 21.30 WIB," tutupnya.

(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: