13 Warga Bengkulu Berangkat Magang dan Kerja ke Jepang Akhir Oktober 2023

13 Warga Bengkulu Berangkat Magang dan Kerja ke Jepang Akhir Oktober 2023

Edwar Heppy Kepala Disnakertrans Provinsi Bengkulu--(Sumber Foto: Ilham/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Di akhir Bulan Oktober 2023 ini ada 13 warga Bengkulu berangkat kerja ke negara Jepang melalui program Kementerian Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Republik Indonesia. 

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Bengkulu, Edwar Hepy mengatakan, sebanyak 13 warga Provinsi Bengkulu saat ini sedang mengikuti pelatihan dan berbagai persiapan untuk keberangkatan ke negara Jepang.

BACA JUGA:13 Peserta dari Bengkulu Lulus Seleksi Program Magang ke Jepang 2023

"Mereka sudah di Kemenaker mengikuti pelatihan sebagai SOP (Standar Operasional Pekerja), untuk keberangkatan masih menunggu informasi dari Jepang, tapi diperkirakan akhir bulan ini berangkat," jelas Edwar Hepy.

BACA JUGA:100 Calon Magang ke Jepang, Lulus Administrasi

Edwar menjelaskan, Disnakertras hanya melakukan perekrutan, lalu untuk biaya dan pelatihan diserahkan ke Kementerian Tenagakerja dan Transmigrasi RI. Di waktu yang lalu sedikitnya ada 100 orang warga Provinsi Bengkulu pada umumnya lulusan SMK mendaftarkan diri, hanya 13 orang lolos.

BACA JUGA:Hari Gunung Nasional Jepang 11 Agustus: Ini 11 Perlengkapan yang Wajib Dibawa Saat Mendaki

"Kalau negara Jepang ini memang agak ketat karena mereka harus mahir bahasa Jepang, etika dan lainnnya. Kita hanya merekrut dan kementerian menggodok mereka yang akan berangkat," terangnya.

Program magang dan kerja ke Jepang ini dibiayai oleh Kementerian Ketenagakerjaan dan Transmigrasi RI namun harus lulus semua tahapan yang disiapkan.  

"Untuk biaya keberangkatan sekitar Rp 35 juta untuk biaya oleh kementerian. Selain itu, kita juga berharap melalui KUR bank bisa membiayai warga kita yang ingin kerja keluar negeri," sampai Edwar Hepy.

(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: