KPU

17 Oktober Peringati Hari Pengentasan Kemiskinan Internasional, Intip Tema, Tujuan hingga Sejarahnya

17 Oktober Peringati Hari Pengentasan Kemiskinan Internasional, Intip Tema, Tujuan hingga Sejarahnya

Ilustrasi. Peringatan Hari Pengentasan Kemiskinan Internasional 17 Oktober.--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Setiap tanggal 17 Oktober akan ada peringatan Hari Pengentasan Kemiskinan Internasional atau International Day For The Eradication Of Poverty. Peringatan ini bertujuan untuk mengentaskan kemiskinan yang masih dialami orang seluruh dunia.

Pada tahun 2023 ini, peringatan tersebut bertepatan dengan hari Selasa dan memiliki misi serta memberikan kesempatan yang sama kepada setiap orang untuk hidup bermartabat, dikutip dari situs resmi UNESCO.

BACA JUGA:16 Oktober Memperingati Hari Kesadaran Alergi Sedunia, Cek Daftar Peringatan Lain yang Jatuh di Tanggal Ini

Peringatan hari Pengentasan Kemiskinan Internasional tahun ini bertema "Decent Work And Social Protection, Putting Dignity In Practice For All" atau dapat diartikan "Pekerjaan Layak dan Perlindungan Sosial, Menerapkan Martabat Bagi Semua Orang".

Tema tersebut lebih mengarah tentang suatu pekerjaan yang layak serta memberikan perlindungan sosial dengan mengutamakan masyarakat yang rentan. Orang-orang yang terjebak kemiskinan, biasanya akan bekerja dengan waktu lama dan sangat melelahkan, hal ini tentu saja tidak sebanding dengan upah yang diterima.

BACA JUGA:15 Oktober Memperingati Hari Hak Asasi Binatang, Cek 3 Peringatan Lain yang Jatuh di Tanggal Ini

Sebagai wujud dari tujuan yang ingin dicapai, dengan peringatan Hari Pengentasan Kemiskinan Internasional ini akan turut membantu dan mendorong pemerintah untuk memberikan bantuan kepada masyarakatnya. Terlebih pula perayaan setiap tahun dari peringatan ini temanya akan berbeda-beda.

Mengutip dari laman resmi United Nations (PBB) fenonema kemiskinan mencakup bukan hanya sekedar finansial, melainkan juga hal-hal yang terampas akibat kemiskinan. Seperti kondisi pekerjaan berbahaya, kurangnya asupan makanan yang bergizi, rumah yang tidak layak, akses keadilan tidak setara, kekuatan politik yang lemah, dan akses pelayanan kesehatan tidak memadai.

BACA JUGA:14 Oktober Diperingati Sebagai National I Love You Day, Cek Daftar Peringatan Lain yang Jatuh pada Tanggal Ini

Sehingga dengan kondisi tersebut, tema kali ini diharapkan dapat memberikan solusi kepada setiap orang yang sedang terjebak dalam lingkaran kemiskinan. Lantas ditemukan pembaruan komitmen untuk ekonomi yang lebih adil dan lebih menyejahterakan masyarakat. 

Lalu bagaimana sejarah tentang peringatan Hari Pengentasan tersebut? Kamu bisa mengetahuinya di sini.

BACA JUGA:Lemhanas RI Sebut Angka Kemiskinan Masih Tinggi di Bengkulu

Sejarah Hari Pengetasan Kemiskinan Internasional

Diawali pada 17 Oktober 1987 peringatan Hari Pengentasan Kemiskinan Internasional pertama kali diinisiasikan. Terdapat perkumpulan yang dihadiri ratusan ribu orang di Trocadero, Paris tempat ditanda tanganinya suatu Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia pada tahun 1948. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: