Pemprov Bengkulu Tingkatkan Literasi Pegawai, OPD Diminta Miliki Perpustakaan

Pemprov Bengkulu Tingkatkan Literasi  Pegawai, OPD Diminta Miliki Perpustakaan

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu tingkatkan literasi pegawai atau Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui penyelenggaraan perpustakaan khusus organisasi perangkat daerah (OPD). --(Sumber Foto: Ilham/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Pemerintah Provinsi (Pemprov) BENGKULU tingkatkan literasi pegawai atau Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui penyelenggaraan perpustakaan khusus organisasi perangkat daerah (OPD). 

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menyampaikan, kedepan agar OPD memiliki perpustakaan masing-masing untuk meningkatkan literasi pegawai menimal di lingkup OPD tersebut. Karena pergerakkan informasi saat ini sangat cepat sekali sehingga kemampuan literasi harus dibutuhkan agar tidak ketinggalan informasi.

BACA JUGA:Pemenang Lomba Perpustakaan Khusus OPD Pemprov Bengkulu Diumumkan, Berikut Daftarnya

"Kita meminta OPD bangun perpustakaan agar meningkat literasi. Karena saat ini pergerakan informasi sangat cepat, sehingga perlu diasah kemampuan literasi agar tidak ketinggalan informasi," kata Rohidin Mersyah usai acara pengumuman pemenang penilaian pemerintah provinsi dalam penyelenggaraan perpustakaan khusus perangkat daerah dilingkup Pemprov Bengkulu, Selasa 17 Oktober 2023.

Lanjut Rohidin, perpustakaan juga bisa menjadi pusat dokumentasi karena saat ini perpustakaan tidak hanya sebagai tempat koleksi buku saja tetapi bisa menjadi inklusif untuk semua. Seperti bisa menjadi tempat pemberdayaan, pelatihan dan arena bermain atau refreshing. 

BACA JUGA:Gedung Perpustakaan Daerah Seluma Dilaunching Desember 2023

"Saat ini bagaimana perpustakaan bisa menjadi pusat dokumentasi dan inklusif untuk semua termasuk tempat refreshing bagi orang galau," ujar Rohidin.

Kata Rohidin, perlombaan penyelenggaran perpustakaan antar OPD menjadi pemicu agar kedepan OPD memikili tekan untuk memiliki perpustakaan dan meningkat sarana dan praserana.

BACA JUGA:Dinas Perpustakaan Provinsi Bengkulu Gelar Pelepasan ASN Purna Bakti, Berlangsung Penuh Haru

"Dengan adanya perlombaan ini maka akan terklasifikasi, mana OPD yang perpustakaan yang sudah bagus, belum bagus, bahkan yang tidak ada sama sekali, sehingga kedepan jangan sampai berbeda dengan OPD lain," jelasnya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu, Meri Sasdi menyampaikan, kegiatan ini dalam mendukung program gubernur untuk meningkatkan literasi bagi pegawai atau ASN sehingga bisa pemahaman subtansi tugas sebagai ASN dan hasilnya capai visi misi OPD bisa maksimal.

BACA JUGA:17 Oktober Peringati Hari Pengentasan Kemiskinan Internasional, Intip Tema, Tujuan hingga Sejarahnya

"Kita akan menjadi ASN atau masyarakat memikiki tingkat litersi yang tinggi," kata Meri Sasdi.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu saat ini memiliki program atau kampanye membaca 15 menit setelah apel setiap hari kerja. Meskipun di awal terpaksa tetapi lama kelamaan akan menjadi terbiasa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: