Sudah Cair? Bansos PKH dan BPNT 2023 Siap Dibawa Pulang, Segera Cek Status Penerima Lewat HP, Auto Masuk

Sudah Cair? Bansos PKH dan BPNT 2023 Siap Dibawa Pulang, Segera Cek Status Penerima Lewat HP, Auto Masuk

Ilustrasi. Cek bansos PKH dan BPNT Oktober 2023.--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Pemerintah masih terus menyalurkan bantuan kepada penerima manfaat, termasuk bantuan sosial (bansos) dari Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Masyarakat dapat segera cek status penerimanya dengan mengakses link cekbansos.kemensos.go.id lewat online.

Diketahui bansos tersebut akan cair lagi ke penerima yang belum mendapatkan bantuan sebelumnya, untuk itu segera pastikan bahwa namamu masih terdaftar di DTKS Kemensos. Ada uang gratis hingga Rp3 juta yang akan diterima sesuai dengan bansos yang didaftarkan.

Melansir BPK RI, bantuan sosial adalah suatu pemberian bantuan yang sifatnya tidak secara terus menerus dan selektif. Bisa berupa uang/barang yang akan diterima masyarakat tertentu, dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

BACA JUGA:Cairkan Bansos BPNT Tahap di Lokasi Ini, BLT Rp2.400.000 Sudah Tersalurkan ke Rekening, Buruan Cek Sekarang!

Sebagaimana diketahui bansos ini diperuntukan untuk masyarakat yang kurang mampu atau rentan ekonomi. Setidaknya para KPM bansos namanya masih terdata di DTKS Kemensos, agar bisa menarik sejumlah uang dari bantuan pemerintah tersebut.

Diketahui pula bahwa bantuan sosial ini tidak semua akan menerima, bagi Anda yang ingin mendapatkan bansos PKH dan BPNT 2023 syarat namanya terdaftar sebagai penerima bansos. Dari Bantuan Langsung Tunai (BLT) PKH 2023, setidaknya ada 7 kategori yang akan menerima uang hingga Rp3 juta. Kemudian, bantuan hingga Rp2.400.000 untuk KPM BPNT 2023 yang cair secara bertahap. Bahkan kabarnya sebagian wilayah sudah bisa menerima bantuan dari pemerintah ini. 

BACA JUGA:Kabar Gembira! 3 Bansos Ini Masih Cair Oktober 2023, KPM Bisa Cek Online Lewat HP, Pastikan Namamu Terdaftar

Masih cair Oktober 2023, para penerima manfaat dapat bersiap untuk lakukan pencairannya. Lantas tanggal berapa bantuan ini akan dicairkan bulan Oktober 2023? Pencairan bansos PKH dan BPNT telah berlangsung dari Agustus, penerima dapat cek sekarang apakah sudah bisa menerima bantuan atau belum.

Masuk awal Oktober 2023, bansos akan dicairkan kepada penerima secara bertahap. Tentang tanggal penyaluran bantuan ini, kemungkinan akan cair kembali pada tanggal 1-31 Oktober, untuk memastikan status pencairannya dapat langsung akses link cekbansos.kemensos.go.id.

Selain itu ada perubahan lokasi pencairan khusus untuk bansos PKH 2023. BLT PKH yang cair dalam dua bulan, penerima dapat mengambilnya melalui Bank Himbara. Sementara khusus PKH 2023 yang cair tiga bulan atau per triwulan akan dicairkan melalui PT Pos Indonesia.

BACA JUGA:Sudah Cek pip.kemdikbud.go.id? Segera Ambil Bansos PIP Kemdikbud 2023, Dapat Bantuan Sosial hingga Rp1 Juta

Berbeda dengan BPNT 2023, lokasi dan waktu pencairan tidak berubah. Anda dapat melakukan pencairan di dua lokasi yakni melalui Bank Himbara maupun PT Pos Indonesia. Selanjutnya penerima dapat menceknya langsung secara online melalui hp.

Cara cek penerima bansos PKH dan BPNT 2023

1. Buka situs resmi cekbansos.kemensos.go.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: