Mau Investasi Emas Antam dengan Untung Maksimal? Ini Jangka Waktu Idealnya

Mau Investasi Emas Antam dengan Untung Maksimal? Ini Jangka Waktu Idealnya

Ilustrasi. jangka waktu investasi emas agar untung maksimal.--(Sumber Foto: Web/IDX Chennel)

BETVNEWS - Emas adalah  instrumen investasi yang dianggap sebagai tempat berlindung paling aman dalam menghadapi ketidakpastian kondisi global. Selain itu, harga emas cenderung stabil dan mengalami kenaikan setiap tahunnya, sehingga sangat cocok dijadikan sebagai investasi jangka panjang.

BACA JUGA:Wajib Dihindari! 5 Keslahan Investasi Emas Online Ini Bisa Bikin Kamu Jatuh Miskin, Investor Pemula Harus Tahu

Tidak hanya itu, emas dapat dijual kapan saja dengan standar harga yang jelas. Di lain sisi, emas sangat mudah didapatkan baik melalui situs online atau secara langsung. Selain harga yang terjangkau, investasi emas juga rendah resiko. Lalu, berapa lama waktu yang ideal untuk investasi emas agar bisa untung?

Investasi emas bersifat fluktuatif dalam jangka pendek, hal tersebut karena investasi emas rendah resiko. Akan tetapi, keuntungan dari investasi emas akan lebih terlihat dalam kurun waktu lebih dari satu tahun. 

BACA JUGA:Praktis Banget! Berikut Cara Investasi Melalui Layanan Tabungan Emas di Pegadaian, Cek Syaratnya di Sini

Melansir dari laman resmi voi.id, harga emas mengalami kenaikan signifikan dalam tiga tahun terakhir.

Pada Mei 2021, harga emas Antam seharga Rp877.000 ribu. Kemudaian satu tahun setelahnya harga emas Antam naik ke harga Rp986.000 ribu pada Mei 2022 atau mengalami kenaikan sebesar Rp87.000 ribu.

Selanjutnya, pada tahun ini 23 Oktober 2023 harga emas Antam mencapai Rp1.150.000 naik Rp164.000 ribu per gram jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

BACA JUGA:Mudah Banget! Lakukan 5 Cara Ini agar Investasi Emas Untung Maksimal, Nomor 3 Pemula Wajib Tahu

Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulakan kenaikan harga emas setiap tahunnya rata-rata sebesar Rp100 ribu, artinya kamu akan memperoleh keuntungan yang maksimal jika berinvestasi emas untuk tujuan jangka panjang seperti, dana pensiun, pendidikan, atau tabungan pernikahan.

Maka, jangka waktu yang ideal dalam investasi emas agar mendapatkan keuntungan yang maksimal adalah selama 5-10 tahun. Meskipun begitu, investasi emas dapat mengamankan aset anda dalam kondisi ekonomi yang sedang terpuruk sekalipun, hal tersebut karena investasi emas dianggap sebagai safe heven.

BACA JUGA:Ini 5 Tips Investasi Emas yang Aman untuk Investor Pemula, Nomor 1 Penting Dilakukan agar Tidak Meleset

Tidak hanya disimpan, agar investasi kamu dapat mengantarkan pada tujuan jangka panjang yang lebih menguntungkan, kamu dapat melakukan tips investasi emas, sebagai berikut:

1. Tentukan tujuan berinvestasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: