Bansos PKH dan BPNT 2023 Cair Lagi Serentak, Cek Status Pencairannya Hari Ini, KPM Dapat Kantongi Uang Tunai

Bansos PKH dan BPNT 2023 Cair Lagi Serentak, Cek Status Pencairannya Hari Ini, KPM Dapat Kantongi Uang Tunai

Ilustrasi. Segera cek bansos PKH dan BPNT cair serentak Oktober 2023.--(Sumber Foto: Pixabay)

BETVNEWS - Bantuan dari pemerintah masih cair, penerima dapat segera cek pencairannya dengan mengakses link cekbansos.kemensos.go.id. Ada sejumlah bantuan yang akan diterima sesuai dengan bansos yang didaftarkan.

Bantuan yang dimaksud adalah dari Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dapat pastikan namanya masih terdaftar di DTKS Kemensos untuk menerima bantuan pemerintah ini.

Melansir BPK RI, bantuan sosial adalah suatu pemberian bantuan yang sifatnya tidak secara terus menerus dan selektif. Bisa berupa uang/barang yang akan diterima masyarakat tertentu, dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

BACA JUGA:Bansos Khusus Lansia Cair Akhir Oktober, Penerima Siap Kantongi BLT Rp600.000, Cek Jadwal PKH Selengkapnya

Sebagaimana diketahui bansos ini diperuntukan untuk masyarakat yang kurang mampu atau rentan ekonomi. Uang gratis hingga Rp3 juta masih cair, nantinya akan diberikan kepada penerima sesuai dengan kategorinya. Kabarnya masih banyak yang menantikan pencairan bantuan tersebut.

Dari Bantuan Langsung Tunai (BLT) PKH 2023, setidaknya ada 7 kategori yang akan menerima uang hingga Rp3 juta. Kemudian, bantuan hingga Rp2.400.000 untuk KPM BPNT 2023 yang cair secara bertahap. Bahkan kabarnya sebagian wilayah sudah bisa menerima bantuan dari pemerintah ini. 

BACA JUGA:Bansos PIP Kemdikbud Cair Lagi Akhir Oktober, Penerima Dapat Bantuan Uang Rp1 Juta, Syaratnya Wajib Punya KIP

Masih cair Oktober 2023, para penerima manfaat dapat bersiap untuk lakukan pencairannya. Lantas tanggal berapa bantuan ini akan dicairkan bulan Oktober 2023? Pencairan bansos PKH dan BPNT telah berlangsung dari Agustus, penerima dapat cek sekarang apakah sudah bisa menerima bantuan atau belum.

Masuk awal Oktober 2023, bansos akan dicairkan kepada penerima secara bertahap. Tentang tanggal penyaluran bantuan ini, kemungkinan akan cair kembali pada tanggal 1-31 Oktober, untuk memastikan status pencairannya dapat langsung akses link cekbansos.kemensos.go.id.

Selain itu ada perubahan lokasi pencairan khusus untuk bansos PKH 2023. BLT PKH yang cair dalam dua bulan, penerima dapat mengambilnya melalui Bank Himbara. Sementara khusus PKH 2023 yang cair tiga bulan atau per triwulan akan dicairkan melalui PT Pos Indonesia.

BACA JUGA:Jadwal Pencairan Bansos PKH Tahap 4 2023 Sudah Keluar, Cek Penerima dan ATM Rekening KKS Sekarang Juga

Berbeda dengan BPNT 2023, lokasi dan waktu pencairan tidak berubah. Anda dapat melakukan pencairan di dua lokasi yakni melalui Bank Himbara maupun PT Pos Indonesia. Selanjutnya penerima dapat menceknya langsung secara online melalui hp.

Cara cek penerima bansos PKH dan BPNT 2023

1. Buka situs resmi cekbansos.kemensos.go.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: