Siap-siap Cair Awal November, Cek Bansos PIP Kemdikbud Tahap 3, Penerima Kantongi Bantuan Uang hingga Rp1 Juta

Siap-siap Cair Awal November, Cek Bansos PIP Kemdikbud Tahap 3, Penerima Kantongi Bantuan Uang hingga Rp1 Juta

Siap-siap Cair Awal November, Cek Bansos PIP Kemdikbud Tahap 3, Penerima Kantongi Bantuan Uang hingga Rp1 Juta--(Sumber Foto: Tria/BETV)

BETVNEWS - Bansos pendidikan PIP Kemdikbud 2023 tahap 3 kembali cair awal November kepada siswa yang memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP). Segera cek link pip.kemdikbud.go.id melalui ponsel untuk mengetahui nama penerima.

Jika terdata sebagai penerima PIP Kemdikbud, maka kamu berhak mendapatkan bantuan pendidikan berupa uang tunai hingga Rp1.000.000.

BACA JUGA:Cair Serentak Awal November! Cek Penerima Bansos PKH dan BPNT, BLT Ratusan Ribu Siap Masuk ATM KKS Kamu

Sebagai informasi, PIP (Program Indonesia Pintar) adalah salah satu bansos pendidikan yang dikucurkan pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) kepada siswa kurang mampu.

Bukan hanya uang tunai, PIP juga memberikan perluasan akses, dan kesempatan belajar kepada peserta didik dan mahasiswa yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin untuk mendapatkan pendidikan.

Program ini bertujuan agar siswa dari kalangan kurang mampu dapat terus memperoleh layanan pendidikan hingga menyelesaikan pendidikan menengah.

BACA JUGA:Cair Lagi? Segera Ambil Bansos PKH dan BPNT Oktober 2023, Penerima Kategori Ini Dapat Kantongi Uang Gratis

Bansos ini diberikan kepada siswa SD, SMP, SMA atau SMK sederajat, dari keluarga miskin dan rentan miskin yang memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP).

KIP sendiri merupakan kartu identitas hasil pemadanan Dapodik dengan DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) bagi anak sekolah untuk mendapatkan Program Indonesia Pintar.

Kartu Indonesia Pintar (KIP) juga sekaligus merangkap sebagai ATM penyaluran bansos PIP secara non-tunai.

KIP diterbitkan oleh Bank BRI, BNI, dan BSI selaku penyalur bansos PIP Kemdikbud 2023.

BACA JUGA:Sudah Cair? Segera Klik Link cekbansos.kemensos.go.id, Penerima Dapat Bansos PKH Oktober 2023, Cek Namamu

Berikut pembagiannya:

  • BRI (khusus jenjang SD dan SMP)
  • BNI (khusus jenjang SMS dan SMK)
  • BSI (khusus siswa yang berada di Provinsi Aceh)

Bantuan ini disalurkan dalam 3 termin atau tahap dalam satu tahun. Saat ini PIP Kemdikbud 2023 telah memasuki tahap 3 untuk alokasi pencairan September-Oktober-November-Desember.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: