Selamat, 3.845 KK di Bengkulu Akan Terima Rice Cooker Gratis dari Pemerintah Pusat

Selamat, 3.845 KK di Bengkulu Akan Terima Rice Cooker Gratis dari Pemerintah Pusat

Donni Swabuana, Kepala Dinas ESDM Provinsi Bengkulu saat diwawancara.--(Sumber Foto: Oki/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Kementerian ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral) akan menyalurkan program bantuan alat memasak berbasis listrik berupa rice cooker untuk rumah tangga pada November 2023 mendatang.  

Untuk Provinsi Bengkulu sendiri mendapatkan jatah sebanyak 3.845 unit rice cooker dari pemerintah pusat yang akan didistribusikan ke kabupaten/kota.

BACA JUGA:3.845 Rice Cooker Gratis untuk Warga Bengkulu Akan Dibagikan November Nanti

Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Bengkulu, Donni Swabuana, mengatakan bahwa untuk penyaluran alat masak listrik (AML), juga akan melibatkan PT. PLN Persero Bengkulu.

Pihaknya juga telah meminta kepada Bupati dan Wali Kota untuk mendata Kepala Kaluarga yang layak menerima bantuan tersebut, dengan masing-masing kabupaten-kota akan mendapatkan jatah sebanyak 384 rice cooker.

BACA JUGA:KPU dan 18 Parpol Finalisasi Surat Suara Caleg DPRD Kota Bengkulu

Sementara itu syarat penerima rice cooker gratis ini tertuang dalam Permen ESDM Nomor 11 Tahun 2023 tentang Penyediaan Alat Memasak Berbasis Listrik bagi Rumah Tangga.

"Kita masih melakukan pendataan penerima rice cooker gratis dari kementrian esdm, dan masing masing kabupaten, kota akan menerima sebanyak 384 alat masak listrik atau rice cooker,’’ ungkap Doni Swabuana, Kadis ESDM Provinsi Bengkulu, Rabu 1 November 2023.

BACA JUGA:Siap-siap Dapat Rice Cooker Gratis November 2023, Cek Syarat dan Kriteria Penerima Program Ini, Kamu Termasuk?

Adapun penerima bantuan ini merupakan rumah tangga yang memenuhi syarat sebagai berikut.

Pertama, rumah tangga pelanggan PT. PLN.

Kedua, keluarga yang dimaksud dari golongan tarif untuk keperluan rumah tangga kecil pada tegangan rendah dengan daya 450 VA.

Ketiga, keluarga yang memiliki golongan tarif untuk keperluan rumah tangga kecil pada tegangan rendah dengan daya 900 VA. 

Keempat, keluarga yang memiliki golongan tarif untuk keperluan rumah tangga kecil pada tegangan rendah dengan daya 1.300 VA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: